SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Sefanya Wally secara resmi dikukuhkan menjadi Kepala Kampung Adat Yoboi oleh Ondofolo Kampung Yoboi Frans P. Wally.

Acara pengukuhan Kepala Kampung Adat Yoboi, Sefanya Wall,  dilaksanakan, Kamis (22/11/2018) di Obhe Kampung Yoboi, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

Ketua Dewan Adat Suku Sentani (DASS),  Demas Tokoro dalam sambutannya mengatakan, apa yang telah menjadi kerinduan di Kampung Yoboi ini telah di wujudkan oleh pemerintah.

“Sehingga diharapkan ada perubahan yang dilakukan oleh Kepala Kampung Adat Yoboi dalam hal ini bapak Sefanya Wally yang baru dikukuhkan,” katanya.

Bupati Jyapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si dalam sambutannya juga mengatakan pihaknya hanya hadir untuk menyaksikan dan sekaligus memberikan pengakuan terhadap Kampung Yoboi yang telah ditetapkan menjadi kampung adat.

Caption Foto : Bupati Jayapura bersama pimpinan OPD dan Kepala Distrik Sentani serta amasyarakat adat saat menyambut prosesi pelantikan kepala kampung tersebut. (Foto Facebook Tokoro van Henry)

“Kami selaku pemerintah hanya datang dan menyaksikan kegiatan pelantikan ini. Karena kewenangan tersebut telah kami serahkan ke adat, sehingga jati diri dari adat itu harus dihargai,” kata Mathius Awoitauw.

Pengawasan terhadap dana-dana yang masuk ke kampung kedepannya akan lebih ketat. “Oleh karena itu, pemerintahan Kampung Adat ini tidak boleh ternodai oleh penyalahgunaan dana-dana tersebut,” harapnya.

Lanjut Bupati Mathius berharap kepada kepala kampung adat yang baru dilantik ini dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.

“Tidak ada istilah korupsi dalam sistem pemerintahan kampung adat ini, setiap ada dana atau pekerjaan yang diturunkan pemerintah daerah harus dibicarakan secara bersama-sama di para-para adat,” tukasnya.

Pengukuhan Kepala Kampung Adat Yoboi ini juga dihadiri Koordinator Masyarakat Adat Daniel Toto, Kapolres Jayapura AKBP Victor D. Mackbon, S.H, S.IK., M.H.,M.Si, Kapolsek Sentani Kota Kompol Hakim Sode, S.H., M.H, Kepala Distrik Sentani Budi P. Yoku, Kanit Binmas Polsek Sentani Kota Ipda Sudalna, Kepala Suku Hobong Piet Ibo, Kepala Kelurahan Dobonsolo Heronia Felle, Abu Afaa Yoboi Yunus Wally serta tamu undangan yang terdiri dari tokoh adat,  tokoh gereja,  tokoh masyarakat  dan masyarakat adat setempat.

Acara pengukuhan Kepala Kampung Adat Yoboi ini diakhiri dengan pengesahan Kampung Yoboi menjadi Kampung Adat oleh Ondofolo Kampung Yoboi Frans P. Wally serta pengakuan Kampung Yoboi sebagai Kampung Adat di Kabupaten Jayapura dengan penandatanganan pengakuan oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E, M.Si. (Irfan / Harian Pagi Papua)