Bakohumas Papua Harus Mampu Sosialisasi dan Atasi Kesenjangan Informasi

0
304
Kegiatan sosialisasi peranan Bakohumas dan aktualisasi undang-undang ITE jelang Pileg dan Pilpres serta PON XX 2020, di Sasana Karya Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Kamis. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  – Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) dinilai memiliki peranan penting dalam mengurangi tingkat pelanggaran di bidang Informasi Transaksi Eletronik (ITE). Untuk itu, keberadaan Bakohumas diharapkan mampu bersinergi dengan semua lini jelang pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Presiden di 2019 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Staf Ahli Gubernur Papua,  Anni Rumbiak, pada sosialisasi peranan Bakohumas dan aktualisasi undang-undang ITE jelang Pileg dan Pilpres serta PON XX 2020, di Sasana Karya Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Kamis (22/11).

Menurut Anni Rumbiak, Bakohumas memiliki peran sangat strategis untuk meningkatkan kelancaran arus informasi sebagaimana amanat Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 35 tahun 2014.

Bakohumas juga mampu mengatasi kesenjangan informasi antara instansi pemerintah dan lembaga baik di Pusat dan di daerah. Untuk itu, Bakohumas diharapkan mampu mensosialisasikan kepada semua lapisan masyarakat terkait sejumlah tugas yang wajib dijalankan lembaga itu.

“Karena menjadi tugas Bakohumas pula untuk memberikan informasi yang menyejukkan kepada masyarakat. Sehingga dua momentum agenda nasional Pilpres/Pileg serta PON XX 2020, bisa berjalan dengan aman dan lancar serta masyarakat di Papua lebih cerdas dalam bermedia sosial,” tambahnya.

Dia tambahkan, undang-undang ITE merupakan regulator yang mengatur mengenai informasi dan transaksi elektronik dan pengaturan mengenai perbuatan yang dilarang, serta banyaknya pelanggaran maupun kasus yang terjadi atas transaksi elektronik melalui media sosial.

Untuk itulah, peranan strategis Bakohumas diharapkan mampu berjalan maksimal dalam mengawal UU ITE. Sehingga informasi yang dihasilkan memberi pencitraan positif dan penguatan legitimasi di masyarakat.

Sementara, Kepala  Biro Humas dan Protokol Setda Papua Israil Ilolu mengimbau seluruh Anggota Badan Koordinasi Humas, rutin berkoordinasi terkait masalah pembangunan yang berproses diatas negeri ini.

“Bakohumas ini kan wadah koordinasi kehumasan non struktural, anggotanya ada dari SKPD tingkat provinsi, ada juga dari pihak BUMN dan BUMD. Makanya kita imbau sangat penting untuk selalu rutin berkoordinasi terkait kepentingan pembangunan maupun pelayanan kepada masyarakat”.

“Sehingga setiap masalah pembangunan yang muncul di masa mendatang, dapat diatasi secara maksimal,” harapnya. (Koran Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here