Inilah Hasil Pertemuan Wapres Amerika dan Presiden Jokowi

0
702

JAKARTA (LINTAS PAPUA)  –  Wakil Presiden Amerika, Michael Richard MikePence bertemu dengan Presiden Republik Indonesia, Ir. H.  Joko Widodo untuk menegaskan kembali Kemitraan Strategis Amerika Serikat – Indonesia.

Pertemuan  ini dilaksanakan Rabu, 14 November 2018, Pukul 9:30 malam. Pekan kemarin. Selanjutnya ke Manila untuk briefing dengan pejabat administrasi senior AS tentang perjalanan Wakil Presiden Pence ke Asia.

 

Wakil Presiden Amerika,  Mike Pence melakukan perjalanan ke Jepang 12-13 November dan sekarang di Singapura, sebelum bepergian ke Australia, dan Papua Nugini. Wakil Presiden akan mewakili Presiden pada KTT ASEAN-AS dan KTT Asia Timur di Singapura serta pertemuan Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Papua Nugini.

 

Wapres Amerika menyampaikan belasungkawa terhadap para korban dan keluarga yang terkena dampak gempa bumi dan tsunami yang baru-baru ini terjadi di Sulawesi.

 

“Amerika Serikat berkontribusi hampir 12 juta dollar AS dalam upaya bantuan bencana,” kata Michael Richard MikePence.

 

Wapres Amerika,  mengucapkan selamat atas terpilihnya Indonesia sebagai anggota Dewan Keamanan PBB untuk 2019.

 

Kedua pemimpin delegasi ini sepakat untuk mempererat kerja sama dalam bidang keamanan dan ekonomi, termasuk meneruskan kampanye untuk menekan Korea Utara, menegakkan kebebasan bernavigasi di Laut China Selatan.

 

Serta  memperbaiki kondisi kemanusiaan warga Rohingya, serta meningkatkan perdagangan dua arah.

 

Keduanya sepakat untuk mendorong prinsip, nilai, dan norma yang sama-sama dimiliki AS dan Indonesia untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka berdasar pada sentralitas ASEAN, serta menantikan untuk merayakan ulang tahun ke-70 hubungan bilateral pada 2019. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here