BKKBN Genre Goes to School Papua : Wujudkan Generasi Emas Berbudaya

315
Pada tahun 2018 ini Genre Goes to School Papua berkolaborasi dengan Celebrate dance4life. Memiliki tema “culture is Gold/bersama Genre mewujudkan generasi emas berbudaya”, terselengara di SMKN 2 Kotaraja Jayapura, Sabtu(17/11/2018). (Fransisca / lintaspapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – BKKBN Provinsi Papua mempunyai perhatian khusus bagi Remaja dan pemuda di Papua, maka dari itu BKKBN mewujudkannya dengan membentuk generasi berencana (Genre) melalui program Genre Goes to School Papua berkolaborasi dengan Celebrate dance4life

Pada tahun 2018 ini Genre Goes to School Papua berkolaborasi dengan Celebrate dance4life. Memiliki tema “culture is Gold/bersama Genre mewujudkan generasi emas berbudaya”, terselengara di SMKN 2 Kotaraja Jayapura, Sabtu(17/11/2018).

Adapun kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Pusat informasi konseling(PIK) organisasi Genre dari 23 sekolah menengah atas swasta dan negri kota Jayapura.

Selain itu,  ada perwakilan dari Fakultas Hukum, MIPA,AKPER, total seluruhnya 350 siswa dan mahasiswa. Kegiatan di awali dengan pembukaan dan pelatikan Mama Genre, kemudian talkshow juga lomba-lomba meliputi: cerdas cermat, Vlog, rangking satu, dance for life, guna menentukan bakat baru.

Kepala BKKBN Provinsi Papua, Charles Brabar, SE, M.Si mengatakan, bahwa Genre Go to school diadakan  rutin setiap tahun, berharap mengajak generasi penerus mencintai budaya, mampu melaksanakan Triat kesehatan

 

“Kami Memadukan semua pihak, untuk menjalin persahabatan antar sekolah untuk memiliki komitmen Yang sama, kuatkan Triad kesehatan reproduksi yaitu : tidak nikah Muda, tidak sex pra nikah dan Tidak Napsa. membangun komitmen kepada orang tua kita, bahwa memutuskan kemiskinan, ketertingalan. kita harus berkolaborasi dengan hal positif,dengan masa depan lebih baik dari orang tua kita, mempersiapkan diri berkomitmen. kita persiapkan menjadi generasi emas Papua tanguh juga berbudaya,” katanya.

 

Sementara itu,  Kepala sekolah SMKN 2,  Elia Waromi menyampaikan,  dukungan atas kegiatan BKKBN mengajak anak tidak terpengaruh pada kegiatan tidak bermanfaat.

 

“Kegiatan seperti sangat penting dan kami membutuhkan dukungan dari orang tua murid juga. Kami mendukung anak-anak agar tidak mudah terpengaruh dengan kegiatan yang tidak bermanfaat. Kami akan mendukung terus kegiatan BKKBN Papua.” Katanya

 

Penangung jawab Program KPA HIV AIDS,  Simon Nuburay mengatakan, bahwa kegiatan ini mampu mengalihkan remaja ke hal positif, meningat kondisi usia produktif HIV AIDS Papua tinggi

 

“Kami mengapresiasi,kegiatan ini sangat baik, sangat positif Sudah cukup berjalan, setiap tahun, semua pihak terlibat. Perkembangan HIV AIDS saat ini usia produktif cukup tinggi. Kegiatan positif ini bisa mengalihkan remaja kita agar berkegiatan positif, untuk mengurangi kasus Narkoba dan HIV,”  tuturnya.

 

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Jayapura, Betty A Puy memaparkan agenda kerja selanjutnya setelah di lantik menjadi Mama Genre.

 

“Papua akan di bangun lewat generasi yang kita persiapkan sedemikian rupa, pendidikannya baik, kesehatannya baik, ekonomi baik,kita antar dia mandiri,kita bersama sama kita akan turun ke 28 Kabupaten dan satu kota untuk laksanakan Program baik terkait generasi Muda, generasi terencana,” ucap Betty Puy. (Fransisca / lintaspapua.com )