DPRD Kab. Jayapura Gelar PAW Enam Anggota : Diajak Kerja Untuk Masyarakat

213
Suasana Pelantikan PAW Anggota DPRD Kabupaten Jayapura. Enam Anggota DPRD antar waktu yang dinyatakan sah dan memenuhi syarat yaitu, Andines Yohanes Willem, Evarlie Taime, S.KM, Darius Bayani, Yosafat Enthong, S.Th, Amos Reeser Faidiban dan Adonia Samonsabra, M.Pd. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Edison Awoitauw, S.T., secara resmi melantik enam anggota DPRD Kabupaten Jayapura Pergantian Antar Waktu (PAW) dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Jayapura, Jumat (16/11/2018) kemarin pagi.

Peresmian pemberhentian dan pengangkatan Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Kabupaten Jayapura periode 2014-2019 ini, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Provinsi Papua Nomor : 155/400 Tahun 2018, tertanggal 30 Oktober 2018 atas usulan DPRD Kabupaten Jayapura.

Enam Anggota DPRD antar waktu yang dinyatakan sah dan memenuhi syarat yaitu, Andines Yohanes Willem, Evarlie Taime, S.KM, Darius Bayani, Yosafat Enthong, S.Th, Amos Reeser Faidiban dan Adonia Samonsabra, M.Pd.

Enam (6) anggota Dewan ini menggantikan anggota lainnya masing-masing, Almarhum Oktovianus Samon, Ismail Mambi, Fredrik Kaway, Bilce B. Mehue, Darius Izak Danya dan Soleman Manuri.

Dalam organisasi politik, dikatakan Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Edison Awoitauw, S.T., mengungkapkan pergantian atau proses PAW ini sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) dalam edarannya itu menyebutkan bagi anggota Dewan yang pindah partai itu harus atau wajib mengundurkan diri.

 

Kepada enam (6) anggota DPRD yang baru, kata Edison Awoitauw, agar segera menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan rekan-rekan Dewan yang sudah lama karena tugas sudah menunggu. ”Kalau tidak segera menyesuaikan diri akan berdampak terganggunya anggota Dewan yang lama,” ucapnya.

 

Selaku Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Edison Awoitauw mengharapkan, enam orang anggota Dewan yang baru dilantik dalam proses PAW itu bisa bekerja dalam sisa waktu satu tahun ini secara maksimal dan mengutamakan kepentingan rakyat.

 

“Untuk itu, anggota dewan senantiasa dituntut untuk patuh dan taat serta disiplin dalam melaksanakan segala ketentuan peraturan perundang-undangan yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia terutama sebagai subjek hukum yang diatur dalam suatu partai politik peraturan partai politik itu mutlak,” jelasnya.

 

Ia menambahkan, proses pelantikan PAW ini juga dalam rangka mengisi kekosongan jabatan-jabatan yang ada di DPRD Kabupaten Jayapura, seperti Fraksi Gerindra di DPRD sampai saat ini belum ada pasca satu orang anggota Dewan dari Partai Gerindra meninggal dunia (Alm Oktovianus Samon) dan dua orang anggota Dewan keluar dari partai Gerindra atau pindah partai.

 

“Oleh karena itu, dengan adanya pelantikan PAW mereka yang dari Partai Gerindra itu bisa ada menduduki posisi di fraksi dari Gerindra. Selain itu juga ada beberapa jabatan di Komisi A maupun di Komisi B itu bisa diisi oleh anggota Dewan yang baru dilantik tersebut. Namun untuk mengisi semua jabatan itu kami akan bahas dalam rapat pleno DPRD,” sambungnya.

Sementara itu,  Wakil Bupati (Wabup) Jayapura, Giri Wijayantoro berpesan, kepada anggota DPRD yang baru dilantik, untuk senantiasa taat pada aturan atau tata tertib yang ada. Namun dirinya yakin dan percaya anggota DPRD antar waktu yang dilantik ini adalah orang-orang yang sangat enerjik dan tidak sulit memahami ketentuan yang ada.

“Bergabungnya anggota Dewan baru antar waktu ini, akan menambah etos kerja dan tugas kedewanan. Walaupun masa bakti kurang lebih satu tahun, namun banyak hal yang dapat dilakukan demi kemajuan Kabupaten Jayapura dan masyarakat di Bumi Khenambay Umbay yang kita cintai bersama,” ujar Wakil Bupati yang akrab disapa Giri ini.

 

Acara peresmian pemberhentian dan pengangkatan Anggota DPRD Kabupaten Jayapura itu dihadiri unsur Forkompimda Kabupaten Jayapura, Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP dan sejumlah Kepala OPD di lingkup Pemkab serta tamu undangan lainnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)