FESTIVAL CYCLOOP 2018 : “ IS NOT A PARTY, IT’S CAMPAIGN”

201

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Wilayah Cagar Alam Cycloop (CA Cycloop) membentang di dua wilayah administrasi pemerintahan yaitu Kabupaten dan Kota Jayapura sebagai ibu kota provinsi Papua.

Penetapan Cycloop sebagai cagar alam berdasar pada SK Menteri Pertanian No. 56/Kpts/Um/I/1978 dengan luas 22.500 hektare, yang ditegaskan kembali secara berturut-turut melalui PP No.28 Tahun 1985 dan SK Menteri kehutanan No.365/Kpts-II/87. Pada 2012 melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan No.SK.782/Menhut-II/2012, luas CA Cycloop diperluas menjadi 31.479,84 hektare.

Adalah sebuah wilayah unik yang kaya dengan berbagai macam jenis tumbuhan dan satwa , namun jasa lingkungan yang sangat penting bagi masyarakat Kota dan Kabupaten Jayapura adalah fungsi hidrologisnya sebagai sumber mata air tawar dan pengendali banjir.

Hal ini sebagaimana dikatakan Ketua Tim Kreatif Festival Cycloop, Dian Wasaraka, sekaligus menjelaskan, bahwa masih terjadi pengrusakan, illegal logging, alih fungsi dan pembakaran hutan dan lahan serta penambangan telah memperparah kondisi Cycloop saat ini.

“Akibatnya sudah bisa dirasakan oleh sebagian besar masyarakat kota dan kabupaten Jayapura. Air yang biasanya mengalir 24 jam kini hanya seminggu 2 sampai 3 kali akibat keringnya bak-bak penampungan air milik PDAM,” katanya.

“Sejak 15 tahun yang lalu ketika saya dan komunitas peduli lingkungan di Kota Jayapura sudah mulai bicara soal Cycloop dalam pameran photo di museum loka budaya UNCEN Abepura dan terus berjuang selama itu dengan aksi, dengan pendidikan lingkungan di sekolah-sekolah. tapi apa yang kami lakukan malah dianggap lebay, berlebihan dan terkesan menyudutkan salah satu pihak dengan menyebar HOAX. padahal kami ingin agar semua peduli dan jangan tunggu sampai bencana terjadi,” ucapnya.

“Tapi memang kita sering baru mengerti pentingnya sesuatu kalau dia sudah hilang. sekarang lihat, kita di Jayapura kalau musim hujan kebanjiran dan kalau panas kekeringan, hal yang dulu tak pernah kita rasakan,”  ujar Ketua Tim Kreatif Festival Cycloop, Dian Wasaraka, dalam sebuah komunikasi dengan www.lintaspapua.com

Dikatakan, bahwa Tim Kreatif yang terdiri dari gabungan Komunitas-komunitas (komunitas IT, Komunitas Lingkungkungan, komunitas motor, komunitas mobil, Komunitas kemanusiaan) se kota dan kabupaten Jayapura dan Media massa bergabung bergerak bersama membentuk semua gerakan rakyat yang disebut festival Cycloop, sebuah ajang untuk mengkampanyekan perlindungan dan penyelamatan Cagar Alam Pegunungan Cycloop dari penghancuran yang lebih parah.

“Bahkan Antropolog yang juga aktivis lingkungan ini menegaskan bahwa“kita harus bisa menghentikan dan membalikkan situasi ini, ini people movement, ini murni gerakan rakyat sebagai wujud kepedulian dan rasa terimakasih kami pada Tuhan yang telah menganugrahkan Cagar Alam Pegunubgan Cycloop yang sangat besar manfaatnya bagi kami,” akuinya.

Ditambahkan, bahwa sepenuhnya didukung oleh Masyarakat Adat dari 5 Dewan adat suku yang punya wilayah ulayat di CA Cycloop jadi sekali lagi ini bukan pesta..ini kampanye.

Sselain itu juga dukungan yang kuat dan fasilitas juga datang dari DANREM 172/PYW Jayapura, BBKSDA PAPUA, Bank Papua, Telkomsel Jayapura, PDAM Jayapura, STIKOM MUhammdiyah Jayapura, SMU 01 Jayapura.

Dian Wasaraka menegaskan, bahwa ini adalah festival untuk kampanye lingkungan,  maka kegiatannya pun dibuat berbeda dari yang lain.

“Kami ada kegiatan pra..berupa pelatihan fotografi dan Vloging yang bekerja sama dengan Earth Hour/WWF lalu setelah itu ada Fokus Grup Discuss yang mengundang para pihak termasuk kami sangat berharap Panglima Kodam XVII/Cenderawasih dan Kapolda Papua bisa hadir dalam kegiatan ini,” ungkapnya.

Selain itu, informais yang diterima, juga akan dilakukan kegiatan konvoi, ada Reboisasi lahan, malam Komunitas dan acara puncak yang selain disini dengan gelar budaya tapi juga ada realize satwa yang akan dilaksanakan di Pantai pasir 6 _angkasa-Jayapura. GOD BLESS PAPUA. GOD BLESS CYCLOOP. Ayo Mari Kita Meriahkan Festival Cycloop, agar Belajar Bersama Menjaga Lingkungan Alam Disekitar Kita. (*)