Bawaslu Kabupaten Jayapura Tertibkan 12 Alat Peraga Kampanye Liar

352
Ketua Bawaslu Kabupaten Jayapura, Zacharias Rumbewas melalui Koordinator Penindakan pada Bawaslu Kabupaten Jayapura Nasarudin Sili Luli mengatakan sebelum kegiatan penertiban APK liar hari ini (kemarin), pihaknya sudah berkoordinasi dengan parpol untuk menginformasikan kepada masing-masing-masing-masing calegnya bahwa akan dilakukan giat penertiban APK liar. Tamoak saat melakukan penertiban di lapangan. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Sebanyak 12 Alat Peraga Kampanye (APK) liar di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, ditertibkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam giat penertiban APK jenis spanduk dan baliho oleh Bawaslu Kabupaten Jayapura bersama Satpol-PP dan Polres Jayapura.

 

Belasan APK ini terpaksa ditertibkan karena melanggar aturan pemasangan APK. Seperti dipasang di fasilitas umum yakni, di tempat ibadah (gereja dan masjid), tempat pendidikan atau sekolah, rumah sakit, pasar, dijalan-jalan protokol serta dipasang atau ditempel di pohon. Dasar penertiban APK oleh Bawaslu Kabupaten Jayapura ini sesuai instruksi Bawaslu RI melalui dasar hukum Undang-Undang Nomor 7 tahun 2007 tentang Pemilu di dalam Pasal 280 huruf (a).

 

Ketua Bawaslu Kabupaten Jayapura, Zacharias Rumbewas melalui Koordinator Penindakan pada Bawaslu Kabupaten Jayapura Nasarudin Sili Luli mengatakan sebelum kegiatan penertiban APK liar hari ini (kemarin), pihaknya sudah berkoordinasi dengan parpol untuk menginformasikan kepada masing-masing-masing-masing calegnya bahwa akan dilakukan giat penertiban APK liar.

 

“Harapannya sebelum kegiatan penertiban, ada kesadaran dari parpol atau tim pemenangan caleg untuk menertibkan sendiri APK berupa spanduk maupun baliho, yang dinilai menyalahi aturan tersebut,” ungkap Nasarudin Sili Luli kepada wartawan harian ini usai kegiatan penertiban, Rabu (14/11/2018) kemarin siang di Kantor Bawaslu, Hawaii, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura.

 

“Kita dari Bawaslu Kabupaten Jayapura hari ini (kemarin) sudah bekerjasama dengan Satpol PP terkait hasil koordinasi kita dan juga beberapa aparat Kepolisian dari Polres Jayapura. Guna menemani kita tuk melakukan penertiban APK liar,” tambahnya.

 

Pada giat penertiban APK liar hari ini (kemarin), Bawaslu Kabupaten Jayapura bersama Satpol PP Kabupaten Jayapura dan Polres Jayapura menyisir di sejumlah lokasi yang berada di Dapil 1 khususnya di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura. Titik lokasi pertama itu di jalan protokol Kota Sentani yakni, di depan Kantor SAR Jayapura, di depan SMP Negeri 1 Sentani tepatnya di pertigaan traffic ligat atau Lampu Merah menuju Bandara Sentani, kemudian di depan Kantor Lanud Jayapura Jalan Kemiri, lalu di Pos 7 Sentani dan di depan Hotel Grand Tahara Sentani.

 

Belasan APK yang ditertibkan tersebut diangkut kekantor Bawaslu Kabupaten Jayapura untuk didata terkait pelanggaran APK dari parpol dan nama caleg.

 

“Tidak ada sanksi, namun nanti akan kita ingatkan kepada parpol dan tim pendukung calegnya,” ucap Nasarudin.

 

Nasarudin menjelaskan, fokus pengawasan Bawaslu pada tahapan kampanye berdasarkan Peraturan Bawaslu 28 Tahun 2018. Dalam peraturan ini menegaskan Alat Peraga Kampanye (APK) yang tidak sesuai Peraturan KPU 23 tahun 2018 dan petunjuk teknis KPU Nomor 1096 wajib ditertibkan.

 

“Untuk itu giat penertiban APK ini tidak hanya dilakukan pada hari ini (kemarin) saja, namun kedepan kembali akan dijadwalkan kegiatan serupa. Sehingga dipastikan pemasangan APK di Kabupaten Jayapura khususnya di Dapil 1 Kota Sentani sesuai dengan aturan,” tegas Nasarudin. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)