SENTANI (LINTAS PAPUA ) – Dalam rangka menyukseskan Festival Bahari Tanah Merah (FBTM) IV yang akan diselenggarakan pada 19-24 November 2018, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E, M.Si meminta kepada semua warga di Tanah Merah untuk mendukung FBTM IV Tahun 2018, yang akan berlangsung di Pantai Wisata Tablanusu, Distrik Depapre.

 

 

“Sebagai pesta budaya rakyat maka FBTM hendaknya di dukung oleh semua kalangan masyarakat di pesisir pantai yang meliputi sejumlah distrik,” ujar Mathiud Awoitauw saat membuka Seminar Sehari FBTM IV tahun 2018, di Aula Kantor Distrik Depapre, Senin (12/11/2018) kemarin pagi.

Bupati Mathius Awoitauw, iven FBTM sebagai suatu agenda tahunan di Kabupaten Jayapura, yang perlu mendapat perhatian dari semua pihak. Pemerintah Kabupaten Jayapura telah menyiapkan segala hal untuk menunjang pelaksanaan FBTM melalui OPD tekhnis dan panitia pelaksana.

 

 

Dikatakannya, hal utama yang ingin di dapat dari FBTM adalah pentingnya pertumbuhan ekonomi rakyat dan  peran aktif dari semua stokeholder atau masyarakat menjadi subyek pembangunan dalam bidang kepariwisataan pada waktu-waktu yang akan datang.

 

 

Untuk itu, Bupati Mathius juga mengharapkan melalui seminar sehari ini dapat memberikan sejumlah pandangan mengenai pentingnya pelesatarian budaya dan pengembangannya dalam memberikan bobot terhadap pelaksanaan FBTM tersebut.

 

 

“Peserta seminar usai mengikuti seminar agar dapat mentransformasikan hasil seminar kepada semua masyarakat. Supaya ada kesepahaman bersama yang tumbuh dan berkembang dikalangan masyarakar Tanah Merah guna menunjang pelaksanaan FBTM ke-IV tahun 2018 ini,” tegasnya.

 

 

Seminar tersebut akan berlangsung selama sehari yang di ikuti oleh ratusan masyarakat dengan menghadirkan sejumlah narasumber anak-anak tanah merah yang berkompeten diantaranya, ada Dr. Habel Melkias Suwae, S.Sos, M.MM, Drs. Niko Jakarmilena, M.Sc, Dr. Timotous Demetouw, SE, M.Si dan sejumlah narasumber lainnya.

 

Seminar itupun juga di hadiri oleh sejumlah kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yakni, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura, Alfons Awoitauw, S.IP. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Alpius Toam, ST, MMT. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jayapura, Ir. Ruddy Saragih dan beberapa kepala distrik. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)