Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Alpius Toam, S.T, M.MT, saat menyampaikan arahan mengenai pentingnya Program 1000 Hari Pertama Kehidupan di sela-sela Seminar Sehari FBTM ke- IV, di Aula Kantor Distrik Depapre, Senin (12/11/2018) kemarin. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS  PAPUA)  –  Program Nasional 1000 hari pertama kehidupan perlu mendapat perhatian semua pihak. Untuk Kabupaten Jayapura, program 1000 hari pertama kehidupan tersebut sedang di dorong melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tekhnis.

 

“Program 1000 hari pertama kehidupan butuh perhatian, karena di masa itu tumbuh kecerdasarkan anak. Sehingga mampu menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas,”  ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Alpius Toam, S.T, M.MT dalam acara Seminar Sehari menyongsong Festival Bahari Tanah Merah (FBTM) ke-IV Tahun 2018, di Aula Kantor Distrik Depapre, Senin (12/11/2018) kemarin.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Alpius Toam. (Richard Mayor)

Menurut Alpius Toam, persaingan di segala bidang di masa kini makin pesat. Hanya melalui kualitas SDM yang handal dapat mengatasi persaingan tersebut. Sebab itu, perbaikan kualitas SDM anak-anak asli Kabupaten Jayapura harus dimulai dari 1000 hari pertama kehidupan.

 

 

Untuk itu, dirinya mengajak sejumlah OPD tekhnis yang dalam fungsi tugasnya bersentuhan langsung dengan program 1000 hari pertama kehidupan ini, untuk bersama-sama memberikan dukungan. Supaya program tersebut dapat berjalan dengan baik dan memberikan hasil untuk pembangunan daerah ini.

 

 

“Kami juga mengharapkan dukungan dari masyarakat terhadap program 1000 hari pertama kehidupan. Supaya tanggungjawab mencerdasakan anak guna menghasilkan SDM yang handal menjadi tanggungjawab bersama, baik pemerintah, tetapi juga masyarakat,” tegasnya.

 

 

Selain itu, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus dimiliki setiap kampung, aksi-aksi pemalangan sekolah dapat di hilangkan, menjaga dan merawat secara bersama fasilitas penunjang proses belajar mengajar di kampung-kampung. Dengan demikian, pendidikan di suatu kampung dapat tumbuh dengan baik dan memperoleh hasil.

 

 

“Mari semua kita, baik kami pemerintah tetapi juga masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten Jayapura untuk menaruh perhatian dan dukungan terhadap sejumlah kebijakan daerah yang mampu membawa perubahan bagi dunia pendidikan di daerah ini,” harapnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here