DPHK Provinsi Papua Bina Dua Kelompok Peternak Babi di Kabupaten Jayapura

0
886
Foto Bersama Kepala Seksie Pemasaran pada DPHK Provinsi Papua Maurits Renyaan, S.Pt, Kepala Bidang Produksi dan Pengembangan Ternak pada Disbunnak Kabupaten Jayapura David Zakaria, S.Pt, serta para peternak babi dari Kelompok Dakdak Jaya, usai kegiatan pelatihan dan pembinaan budidaya ternak babi, di Makendang, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (9/11/2018) pekan kemarin. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA)  –  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH), menggelar kegiatan penyuluhan dan pelatihan budidaya ternak babi kepada dua kelompok peternak babi yang ada di Kabupaten Jayapura yakni, Kelompok Dakdak Jaya (Makendang) dan Kelompok Mitra Jaya (Doyo Baru), Jumat (9/11/2018) pekan kemarin.

 

Penyuluhan dan pelatihan kepada dua kelompok peternak babi tersebut, sebagai bagian dari upaya pembinaan peternak babi penerima bantuan bibit ternak di Kabupaten Jayapura, yang dihadiri Kepala Seksie (Kasie) Pemasaran pada DPKH Provinsi Papua, Maurits Renyaan, S.Pt, Kepala Bidang (Kabid) Produksi dan Pengembangan Ternak pada Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jayapura David Zakaria, S.Pt serta staf DPKH Provinsi Papua.

 

Kepala Seksie (Kasie) Pemasaran pada DPKH Provinsi Papua, Maurits Renyaan, S.Pt, di sela kegiatan pembinaan yang dilakukan di Kelompok Dakdak Jaya, Makendang, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (9/11/2018) siang pekan kemarin mengatakan kegiatan tersebut bertujuan menambah pengetahuan peternak babi tentang tata cara beternak yang baik.

 

“Jadi bukan untuk membagi bantuan babi saja, melainkan untuk pembinaan bagi para peternak atau kelompok peternak yang telah mendapat bantuan hewan ternak babi. Ya, bagaimana mereka itu melakukan budidaya ternak babi yang baik, mulai dari cara pembibitannya, merawat kandang, cara memberi pakannya, reproduksinya (cara perkawinan) ternak babi hingga cara menjual hewan ternak babi,” kata Maurits Renyaan.

 

Menurut Maurits, pembinaan tersebut dilakukan kepada dua kelompok peternak babi yang ada di Kabupaten Jayapura yakni, Kelompok Dakdak Jaya (Makendang) dan Kelompok Mitra Jaya (Doyo Baru).

 

Secara umum, kata Maurits, program pembinaan dan pengembangan bagi peternak babi yang telah dilakukan pihaknya itu hampir meliputi semua wilayah Provinsi Papua seperti di Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Puncak Jaya dan Kabupaten Mamberamo Tengah.

 

“Untuk itu, kami berharap kepada para peternak itu mengikuti aturan atau tata cara budidaya beternak babi yang baik, guna mendapatkan hasil ternak babi yang maksimal. Sehingga hasil yang diperoleh dari beternak babi ini dapat membantu perekonomian keluarga,” ujarnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here