SENTANI (LINTAS PAPUA)  – DPRD Kabupaten Jayapura menggelar Rapat Paripurna Penandatanganan Nota Kesepahaman Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Kabupaten Jayapura Tahun Anggaran 2019, Senin (12/11/2018) kemarin sore.

 

Paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Jayapura Korneles Yanuaring itu, juga dihadiri Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., Anggota DPRD Kabupaten Jayapura, Sekda Kabupaten Jayapura,  Drs. Yerry F. Dien, M.Si, Kepala OPD dan para Asisten Setda Kabupaten Jayapura.

 

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Jayapura, Korneles Yanuaring kepada wartawa usai Rapat Paripurna Penandatanganan KUA-PPAS Tahun 2019 di Ruang Sidang Kantor DPRD Kabupaten Jayapura, Senin (12/11/2018) kemarin sore itu mengatakan, agenda rapat hari ini merupakan tahap akhir rangkaian kegiatan pembahasan rancangan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2019, yang telah dilakukan oleh Banggar DPRD bersama tim anggaran pemerintah daerah.

 

“Ya, KUA-PPAS ini sudah di ajukan ke DPRD oleh pemerintah. Dan, sudah kita bahas antara Banggar DPRD beserta tim anggaran pemerintah daerah. Arah kebijakan umum anggaran untuk tahun depan itu mengarah pada persiapan PON XX tahun 2020, jadi infrastruktur dan lain-lain itu diarahkan kesana,” ujarnya.

 

Lanjut kata Korneles Yanuaring, kemudian yang kedua adalah penguatan kapasitas pemerintahan distrik dan kampung, sedangkan arah kebijakan umum anggaran untuk bidang lainnya itu berjalan normal seperti biasa.

 

“Kalau anggaran yang sudah ditentukan untuk tahun 2019 sekitar Rp 1,3 triliun lebih itu pendapatan dan belanja sekitar Rp 1,4 triliun. Jadi, kebijkaan anggaran kita ada defisit kurang lebih sekitar Rp 51 miliar,” katanya.

 

“Maka itu kita minta ke pemerintah untuk diturunkan mulai dari Rp 30 miliar hingga Rp 40 miliar, karena kalau 50 persen itu tidak wajar dan terlalu berlebihan. Bahkan bisa berdampak pada sidang perubahan anggaran yang nantinya kita kekurangan anggaran untuk pelayanan kepada masyarakat,” sambung Korneles.

 

Sementara itu, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan segenap Anggota DPRD Kabupaten Jayapura, yang telah bersama-sama membahas rancangan KUA-PPAS Tahun Anggaran dari awal hingga disepakati secara bersama-sama.

 

Nota kesepahaman ini nantinya akan dijadikan dasar dalam penyusunan RAPBD Tahun Anggaran 2019.

 

“Ya, kita bersyukur hari ini (kemarin) sudah kita tandatangani KUA-PPAS. Artinya tinggal sidang-sidang pembahasan dan penetapan rencana kerja anggaran pemerintah daerah untuk tahun 2019. Oleh karena itu, kita berharap bisa tepat waktu semuanya berjalan,” kata Mathius Awoitauw. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)