Alex Dusay Terpilih Kembali Jadi Ketua Kwarcab 2603 Jayapura

149
Alex R. Dusay, S.H., terpilih kembali sebagai Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) 2603 Jayapura masa bakti 2018 - 2023. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Jayapura, Alex R. Dusay, S.H., terpilih kembali sebagai Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) 2603 Jayapura masa bakti 2018 – 2023.

 

Pemilihan Ketua Kwarcab tersebut berlangsung pada kegiatan Musyawarah Cabang (Muscab) XI Tahun 2018 Gerakan Pramuka Kwarcab 2603 Jayapura, di Gedung Serba Guna (GSG) Thabita, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, yang digelar selama dua hari mulai Jumat (9/11/2018) dan Sabtu (10/11/2018).

 

Dalam muscab yang dibuka oleh Wakil Bupati Jayapura,  Giri Wijayantoro dan ditutup secara resmi oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP, mewakili Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, selaku Kamabicab (Ketua Majelis Pembimbing Cabang) Gerakan Pramuka Kwarcab 2603 Jayapura itu dilakukan penyampaian visi misi dari para kandidat yang maju dalam pemilihan Ketua Kwarcab.

 

“Dalam kegiatan muscab kemarin itu, para kandidat yang maju harus menyampaikan visi misi yang akan dinilai oleh peserta muscab. Kemudian siapa yang mereka nilai baik itu akan mereka pilih. Ada dua orang yang maju bersaing pada pemilihan ketua kwarcab tersebut,” ungkap Alex R. Dusay ketika menjawab pertanyaan wartawan harian ini saat ditemui diruang kerjanya, Senin (12/11/2018) siang.

 

Selain itu, lanjut Alex, berdasarkan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) yang bisa maju menjadi Ketua Kwacarb itu salah satu syaratnya adalah minimal lima (5) tahun berturut-turut harus aktif dalam gerakan Pramuka itu sendiri.

 

Dia juga menyampaikan, dari banyak kandidat yang di seleksi oleh tim khusus pemilihan Ketua Kwarcab itu di kalkulasikan ada dua orang calon kandidat yang berhak maju yakni, dirinya dan Abdul Rahman Basri (Asisten I) yang dianggap selama ini aktif dalam gerakan Pramuka.

 

Mantan Plt. Kepala Dinas Perpustakaan Daerah ini menyampaikan, visi misi tentang tekadnya untuk membawa Pramuka satu langkah lebih maju dari keadaan sebelumnya dalam membangun persaudaraan dan keberagaman.

 

“Karena dalam gerakan Pramuka kan tidak mengenal adanya perbedaan suku, agama, ras dan etnis. Semua Pramuka itu sama saja, ya karena Pramuka tugas kemanusiaan dan Pramuka tidak berpolitik. Itulah tekad saya untuk membawa Pramuka lebih maju satu langkah ke depan,” kata Alex R. Dusay.

 

Pria yang pernah menjabat sebagai Staf Ahli Bupati ini mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk mengemban amanah menahkodai Kwarcab 2603 Jayapura ke arah yang lebih baik lagi dan maju satu langkah lagi ke depa serta bisa berprestasi.

 

“Ini adalah amanah yang harus kita jalankan, ayo kita sama-sama bekerja menjalankan roda organisasi kepramukaan dalam upaya mencetak generasi muda penerus bangsa yang berkarakter, bermoral dan berilmu pengetahuan,” ucap Alex R. Dusay yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan tersebut.

 

Dirinya juga menjelaskan, program kerja Kwarcab 2603 Jayapura Gerakan Pramuka ke depan diantaranya memberi perhatian lebih kepada Kwartir Ranting (Kwarran) atau Distrik dan Gugus Depan (Gudep) atau sekolah, karena mereka ini berada pada basis massa anggota Pramuka. Selain itu, dirinya juga akan melakukan konsolidasi organisasi, menggalakan kegiatan Pramuka dan mensinkronkan program Pramuka dengan pemerintahan.

 

“Kita kedepan akan membina Kwarran dan Gudep, maka Pramuka itu pasti akan maju. Kita juga akan melakukan pembinaan terhadap pelatih, baik dasar maupun lanjut, terus melakukan kursus-kursus mahir dasar dan mahir lanjut. Itu kita perbanyak untuk menghasilkan kualitas,” jelasnya.

 

“Nah, dari sinilah pramuka mendapatkan metodik sebagaimana melatih pramuka itu menjadi hebat. Tentunya sebagai dasar adalah Try Satya dan Dasa Dharma ini sebagai pedoman hidup bagi anggota Pramuka, maka akan muncul Pramuka sejati,” sambung Alex R. Dusay.

 

Setelah Alex Dusay terpilih sebagai Ketua Kwarcab 2603 Jayapura, juga dilanjutkan dengan pembentukan susunan pengurus Kwarcab 2603 Jayapura.

 

“Setelah saya terpilih dalam muscab, maka kita akan membentuk kepengurusan Kwarcab 2603 Jayapura untuk lima tahun kedepan. Kemudian kita akan melakukan rapat kerja (Raker) dan selanjutnya kita akan mulai membuat atau menetapkan program-program kerja kita, guna pramuka ini bisa satu langkah lebih maju kedepan,” paparnya.

 

Setelah Muscab Kwarcab 2603 Jayapura 2018 ditutup, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, selaku Kamabicab melalui Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri ketika ditanya wartawan memberikan apresiasi kepada Ketua yang baru terpilih dan pengurus baru yang baru terbentuk. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)