Kementerian Perhubungan Siap Dukung Suksesnya PON XX 2020 Papua

0
37

JAKARTA (LINTAS PAPUA) – Kementerian Perhubungan RI akan memberikan supportnya pada penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua pada 2020 nanti. Bentuk dukungannya sendiri tidak lain dari bidang transportasi, baik laut, udara, maupun darat.

 

Hal ini disampaikan langsung Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, usai menerima kunjungan Wakil Gubernur Provinsi Papua, Klemen Tinal, dan rombongan Pemerintah Provinsi Papua di kantor Kementerian Perhubungan RI, Kamis (8/11/2018) siang kemarin.

 

“Kementerian Perhubungan akan memberikan support pada kegiatan olahraga yang diselenggarakan di 5 klaster dan 4 daerah penyangga tersebut. Kita akan siapkan bis, mengatur penerbangan, serta kapal laut menuju Papua dan tempat kegiatan itu. Kita akan lihat titik-titik yang memang diperlukan, sehingga kita lengkapi dengan baik,”

 

Dengan penyelenggaraan PON Papua di 5 klaster dan 4 daerah penyangga, maka tentunya tidak akan mudah, sehingga selain transportasi laut, transportasi udara pun menjadi perhatian. Demikian, menyikapi hal itu, Menhub Sumadi mengatakan bahwa dengan melakukan spreading (manajemen penerbangan) justru akan lebih lebih baik.

 

“Di-spreading itu justru lebih baik. Makanya, saya bilang, kalau persentasenya itu cukup banyak, maka untuk yang lebih banyak itu akan bagus. Malah tidak apa-apa, karena dengan spreading akan lebih bagus,”

 

Demikian, tidak dipungkiri pula bahwa harga tiket pesawat menjadi perhatianl, di mana dikhawatirkan akan melonjak tinggi kala penyelenggaraan PON Papua dilakukan. Namun, Menhub meyakinkan bahwa menyangkut harga, hal itu justru akan kemudian ditertibkan oleh Kemenhub, demi sukses PON yang notebene merupakan ajang olahraga bergensi tingkat nasional yang diselenggarakan di Papua pada 2020 nanti.

 

Selain mengunjungi kantor Kementerian Perhubungan, Wakil Gubernur Papua dan rombongan mengunjungi pula kantor Kementerian Dalam Negeri. Dalam kunjungan ini, diterima langsung Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Hadi Prabowo, mewakili Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.

 

“Khusus untuk PON Papua dan peningkatan capaian olahraga ini dirasa bahwa alokasi pembiayaan ini yang kurang, atau mengalami keterbatasan. Makanya, mereka (Pemprov Papua) mengusulkan hal ini ke pemerintah pusat,”

 

Dengan demikian, Kementerian Dalam Negeri akan mengambil peran dengan mengonsultasikan dan mengordinasikan hal ini dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, dan Kementerian Keuangan, sehingga Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2017.

 

Dengan kunjungan ke dua kementerian tersebut, Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE., MM., yang memimpin rombongan Pemprov, memberikan apresiasinya terhadap Kementerian Perhubungan dan Kementerian Dalam Negeri yang telah menerima kunjungan Pemprov Papua dengan baik.

 

“Sambutan mereka sangat baik, di mana semua hal yang kami sampaikan menyangkut PON Papua, direspon positif. Seperti diketahui, dua tahun ini kita fokus pada PON Papua, sehingga PON Papua ini bisa membawa dampak yang baik bagi Papua maupun Indonesia,”

 

Wagub Tinal menilai, bahwa sambutan menteri sangat baik, yang mana mereka siap membantu sepenuhnya terkait kebutuhan untuk sukses PON Papua. Seperti halnya Menteri Perhubungan yang menyampaikan sendiri bahwa untuk PON Papua, ia akan koordinasikan dengan semua dirjen perhubungan, baik laut, darat, maupun udara, untuk bantu Pemprov dalam hal yang berurusan dengan tupoksi mereka masing-masing dalam sukses PON 2020.