Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Jayapura Gelar Bimtek Manajemen

0
36
Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru saat memberikan sambutan, sekaligus membuka kegiatan. (Ardiles / LintasPapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Untuk meningkatkan mutu pengelolaan arsip di lingkungan pemerintah kota Jayapura, Dinas Perpustakaan dan Arsip setempat menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) manajemen arsip di hotel Grand Abe Hotel, distrik Abepura, Selasa 6 November 2018.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Jayapura,  Drs. Amos Solossa, dalam membaca sambutanya, menuturkan, pentingnya memberikan pemahaman bagi pengelolaan arsip yang baik dan benar di setiap lingkungan kerja untuk meningkatkan kesadaran terhadap fungsi arsip.

Amos menambahkan, bimtek manajemen arsip selama tiga hari agar tersedianya pengelola arsip yang baik dalam penyelenggaraan pemerintahan sesuai undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang kearsipan.

“Peserta bimtek berjumlah 40 orang. Arsip merupakan sumber informasi yang terekam dan memiliki fungsi yang sangat penting untuk menunjang proses penyelenggaraan pemerintahan,” jelas Amos.

Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM.,  mengatakan bimtek manajemen arsip tersebut sangat penting, karena menyangkut masalah kearsipan dalam menunjang pelayanan prima.

“Harus serius dan jangan main-main. Dengan ilmu yang sudah dimiliki dapat diaplikasikan sehingga memberikan manfaat untuk meningkatkan sumber daya manusia,” tutur Rustan saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Bimtek.

Rustan berharap, melalui bimtek manajemen arsip di kota Jayapura menjadi pilot projek pengelolaan arsip dan roh model terbaik di Papua.

“Melalui bimtek ini sehingga tau cara menyimpan dan cara mencarinya. Bisa tau jenis-jenis arsip, baik statis dan dinamis. Harus tau juga arsip elektronik. Harus bisa merubah minset untuk perubahan yang lebih baik,” ungkap Rustan.

Bimtek manajemen arsip di lingkungan pemerintah kota Jayapura menghadirkan narasumber dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Papua, S. Wambrauw, S.Sos. (Ardiles/lintaspapua.com)