Usulan Rumah dari Masyarakat Harus Lewat Tingkat Distrik

0
485
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Papua, Daud Ngabalin, saat diwawancara. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  –  Pemerintah Provinsi Papua mengimbau agar usulan pembangunan rumah dari masyarakat, dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkatan distrik hingga ke kabupaten dan kota setempat.

Menurut Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Provinsi Papua,  Daud Ngabalin berharap, agar usulan pembangunan rumah tak langsung disampaikan kepada gubernur. Sebab pemilik rakyat di kabupaten dan kota adalah bupati dan walikota.

 

“Sehingga kalau dari masyarakat tiba-tiba menyurat ke gubernur, nanti akan dijawab yang punya rakyat adalah kepala daerah setempat. Sehingga kadang-kadang masyarakat yang langsung ke kami di dinas perumahan pun kita kembalikan pengusulannya. Sebab bupati atau walikota setempat yang punya wilayah,” ujar  Daud Ngabalin, kepada wartawan di Jayapura, pekan kemarin.

 

“Kita harap masyarakat yang usul bangun rumah mulai dari kepala distrik dulu, kemudian ke bupati lalu nanti dari bupati direkomendasikan ke gubernur,” katanya.

 

Menurut Daud, saat ini instansinya juga sementara fokus pada upaya untuk mengawal pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 sebagaimana instruksi Gubernur Papua.

Diantaranya dengan menerapkan kampung tematik di sejumlah klaster, sementara khusus untuk Kota Jayapura dan sekitarnya, akan mengubah lokasi kumuh menjadi menarik, dengan peningkatan maupun perbaikan kondisi lingkungan, baik melalui penghijauan maupun hal terkait lainnya.

Sejumlah titik kumuh di Kota Jayapura, misalnya, APO Bukit Barisan yang bakal “disulap” semenarik mungkin.

Program kampung tematik ini dinilai sudah sangat penting dan mendesak untuk diterapkan. Sebab selain pelaksanaan PON XX 2020 yang tinggal setahun lebih, pembenahan kampung kumuh juga sudah mendapat desakan dari pimpinan daerah.

Dia berharap program ini bisa mendapat dukungan dari pemerintah daerah setempat termasuk masyarakat yang berada di lokasi tersebut. Pihaknya pun memastikan segera mengimplementasikan program itu sesegera mungkin. (Koran Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here