Ratusan Orang Muda Katolik Temu Akbar Bahas Peran Medsos

0
608
Ratusan Orang Muda Katolik (OMK) berkumpul di Rumah Novisiat OFM "La Verna" Sentani, Kabupaten Jayapura untk memulai "Temu Akbar OMK dalam Semangat Persaudaraan Fransikus Asisi". Pertemuan akbar diawali ibadah Misa Pembukaan Temu Akbar dipimpin Pastor Tarsisius Lengari, OFM. Selama pertemuan, OMK mendiskusikan tema2 penting seperti: Peran Media dlm Dunia Yang Terus Berubah; Media Sebagai Sarana Pewartaan Iman; Orang Muda Menghadapi Berita Bohong di Media Sosial. Temu akbar berlangsung hingga Minggu, 4 November 2018. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Sedikitnya 500 Orang Muda Katolik (OMK) sejak Jumat (2/11) hingga Minggu (4/11) menggelar temu akbar di Rumah Novisiat OFM “La Verna”, Sentani, ibukota Kabupaten Jayapura.

“Pertemuan akbar ratusan OMK ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun untuk bersama-sama berbagi pengalaman, saling perteguh nilai- nilai  persaudaraan sejati yang telah diwariskan Santo Fransiskus Asisi selaku  Pendiri Ordo Saudara Dina Fransiskan,” kata Penanggungjwab Temu Akbar OMK, Pastor Tarsisius Lengari, OFM di Sentani, Jumat.

Untuk temu akbar OMK tahun ini, orang muda akan mendiskusikan tema terkait peran media sosial dalam kehidupan kaum muda.

Untuk tema ini, pihak panitia mengundang Peter Tukan, mantan Wartawan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Papua bersama Timnya untuk memberikan pendampingan bagi para OMK agar orang muda benar-benar memahami peran.media sosial di tengah kehidupan mereka.

Salah satu sub tema yang akan didiskusikan peserta temu akbar adalah Orang Muda menghadapi Berita Bohong atau Hoax. Tema ini akan dipandu oleh tiga orang tokoh muda yakni Dax Sianturi, Arnold Belau dan Habelino Sawaki.

Menurut Pastor Tarsisius, kegiatan akbar ini dapat berlangsung dengan baik berkat dukungan dari berbagai pihak antara lain umat di Paroki Sang Penebus, Sentani. Sedangkan bantuan tenda untuk perkemahan dan soundsystem didapat dari Kodam XVII/Cenderawasih dan Korem 172/PWY Jayapura.

“Peralatan tenda kemah dan soundsystem itu biasanya dimiliki pihak TNI dan Polri secara lengkap. Kali ini kebutuhan kami untuk tenda dan soundsystem didapat dari pihak TNI yang selalu siap sedia membantu rakyat,” katanya.

Sedangkan untuk kebutuhan bahan  konsumsi dan lainnya, Panitia mendapat sumbangan dari warga masyarakat.

Selain mendiskusikan tema media dan orang muda, para peserta juga akan mengisi acara lomba pentas seni drama orang muda, outbond dan perlombaan lainnya yang bernuansa persaudaraan sejati untuk semua makhluk.

Pertemuan OMK ini dibuka dengan perayaan Misa Kudus dan akan ditutup pada hari Minggu petang melalui perayaan Misa Kudus juga yang dipimpin Provinsial OFM Duta Damai Papua” Pastor Gabriel OFM.

Para orang muda Persaudaraan Fransiskus Asisi ini akan bertemu lagi pada tahun depan  4 Okober 2019 Pesta Santo Fransiskus Asisi – Pelindung kaum papa sepanjang zaman.

 

Ratusan Orang Muda Katolik (OMK) berkumpul di Rumah Novisiat OFM “La Verna” Sentani, Kabupaten Jayapura untk memulai “Temu Akbar OMK dalam Semangat Persaudaraan Fransikus Asisi”. Pertemuan akbar diawali ibadah Misa Pembukaan Temu Akbar dipimpin Pastor Tarsisius Lengari, OFM. Selama pertemuan, OMK mendiskusikan tema2 penting seperti:  Peran Media dlm Dunia Yang Terus Berubah; Media Sebagai Sarana Pewartaan Iman; Orang Muda Menghadapi Berita Bohong di Media Sosial. Temu akbar berlangsung hingga Minggu, 4 November 2018. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here