Abisai Rollo : IPSI Papua Target Rebut Medali Emas di PON XX 2020

0
534
Ketua IPSI Papua, Abisai Rollo, saat bincang bincang bersama Sekum KONI Papua, Kenius Kogoya. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia  (IPSI) Papua,  Abisai Rollo menyampaikan, sangat memberikan apresiasi bagi beberapa atletnya yang sudah mengharumkan nama daerah dalam ajang kejuaraan internasional maupun di kejuaraan nasional.

 

Salah satunya Alfred Puy yang pada tanggal 3 Oktober 2018 lalu, mampu menyumpangkan medali Perak untuk kontingen Indonesia di ajang 4th Asian Pencak Silat Championship di India.

Ketua IPSI Papua,  Abisai Rollo mengatakan, salah satu atlet yang mendapatkan kesempatan mengikuti kejuaraan di India sudah menunjukan kemampuan terbaiknya bagi Indonesia dan lebih khusus Papua.

“Saya sebagai Ketua IPSI sangat berterima kasih kepada dua atlet kami yang bisa membawa nama baik Papua lebih nama Indonesia. Soal medali emas itu bukan soal tapi bawa medali apa saja itu adalah hasil dari yang di dapatkan untuk membawa nama Indonesia di ajang tersebut,” ujar Abisai Rollo saat di temui di Hotel Poolman, Jakarta, Rabu, (31/10/ 2018) .

Lebih lanjut Ketua IPSI Papua itu menerangkan, bawha  kedua atlet yang mengikuti kejuaraan itu akan di upayakan untuk lebih memantapkan latihannya sampai dengan di persiapkan untuk PON 2020.

“Sehingga PON 2020 sebagai ajang yang membuka peluang bagi semua atlet silat yang ada di tanah Papua, tapi kita lebih kepada atlet yang memang sudah siap agar PON nanti,”

“Saya selaku Ketua IPSI Papua kita bersyukur kalau bisa mendapatkan 1 medali emas. Tetapi kalau dua medali emas kita dapatakan itu pemberian Tuhan, tapi sebagai manusia saya hanya berupaya untuk mendapatkan 1 medali emas. Tapi kenyataan kita lihat pada Asian Games 2018 yang membawa nama besar Indonesia adalah atlet pencak silat dengan menyumbangkan 14 medali emas di ajang itu,” ungkapnya.

Abisai Rollo juga berharap,  pada saat pelaksanaan PON 2020 nanti yang membawa nama baik Papua adalah dari pencak silat. “Tapi saya hanya berharap paling tidak bisa mendapatkan 1 medali emas, kalau target medali lebih dari satu itu adalah pemberian Tuhan karena kita selalu bersyukur dalam segala hal dan menrauh harap hanya pada Tuhan,” bebernya.

Sebagai Ketua IPSI Papua Abisai Rollo menambahkan untuk tempat latihan dan persiapan selama ini yang mungkin belum memadai, namun saya berharap nanti Pak Gubernur sebagai Ketua Umum KONI berkehendak. Venue dan tempat latihan itu akan kita bangun di Koya.

“Lahanya siap tempatnya sudah akan dipersiapkan untuk direhap dan dibangun untuk menjadi venue pencak silat,” ucap Ketua DPRD Kota Jayapura ini.

Pencak silat itu kalau kita lihat adalah pencak silat paling identik dengan orang jawa. Karena di Koya itu ada barat, timur semua merupakan orang jawa, kalau kita buat venue dan tempat latihan disana pasti mereka setiap hari akan datang untuk nonton dan memberikan semangat bagi atlet-atlet kita yang di persiapkan untuk PON ke-XX tahun 2020 kita sebagai tuan rumah. (Lintas Sport/Berti Pahabol / MG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here