Theopilus Tegai : Bappenda Siap Terapkan Tarif Parkir Berlangganan di Tepi Jalan

0
561
Kepala Bappenda Kabupaten Jayapura, Theopilus Hendrik Tegai, mengatakan kegiatan sosialisasi yang digelar pihaknya ini merupakan tindaklanjut dari Undang-Undang (UU) Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, kemudian ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Umum, yang didalamnya ada retribusi parkir ditepi jalan umum.. (Irfan / HPP)

Caption foto : Sekda Kabupaten Jayapura, Drs. Yerry F. Dien, M.Si, didampingi Kepala Bappenda Kabupaten Jayapura Theopilus Hendrik Tegai, Kepala Satpol-PP Kabupaten Jayapura Drs. Frits Rumayomi, M.S, serta perwakilan UPTD Samsat dan Satlantas Polres Jayapura ketika bersama-sama menabuh Tifa sebagai tanda secara resmi membuka Kegiatan Sosialisasi Perbup Jayapura Nomor 12 Tahun 2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Retribusi Parkir Ditepi Jalan Umum, yang berlangsung di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (29/10/2018)

SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) menggelar Sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Jayapura Nomor 12 Tahun 2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Retribusi Parkir Ditepi Jalan Umum.

 

Sosialisasi yang dibuka secara resmi oleh Sekda Kabupaten Jayapura Drs. Yerry F. Dien, M.S, itu dilaksanakan di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (29/10/2018) kemarin pagi juga dihadiri Kepala Bappenda Kabupaten Jayapura Theopilus Hendrik Tegai, Kepala Satpol-PP Kabupaten Jayapura Drs. Frits Rumayomi, M.Si, perwakilan UPTD Samsat Kabupaten Jayapura dan Satlantas Polres Jayapura.

 

Kepala Bappenda Kabupaten Jayapura, Theopilus Hendrik Tegai, mengatakan kegiatan sosialisasi yang digelar pihaknya ini merupakan tindaklanjut dari Undang-Undang (UU) Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, kemudian ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Umum, yang didalamnya ada retribusi parkir ditepi jalan umum.

Pria yang akrab disapa Theo ini menjelaskan, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka upaya peningkatan penerimaan retribusi jasa umum secara khusus untuk retribusi parkir ditepi jalan umum.

Yang mana, kita telah melakukan perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Papua melalui Badan Pengelola Pendapatan Daerah. Jadi mulai bulan November 2018 nanti, pemungutan parkir berlangganan ini akan dilakukan melalui UPTD Samsat yang ada di Doyo Baru, khususnya untuk kita di Kabupaten Jayapura, ujarnya.

Sedangkan tujuan dari pelaksanaan Sosialisasi Perbup Jayapura Nomor 12 tahun 2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Retribusi Parkir Ditepi Jalan Umum, Theo menjelaskan, untuk menyampaikan kepada pemilik kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat entah itu kendaraan yang berpelat hitam atau merah, maka mulai bulan November 2018 mendatang, ketika mereka melakukan pembayaran pajak kendaraan di UPTD Samsat telah dikenakan retribusi parikir berlangganan.

Parkir berlangganan dilakukan untuk pengguna pelayanan parkir di tepi jalan umum maupun tempat khusus parkir terhadap kendaraan bermotor dengan plat nomor polisi (Nopol) setempat atau plat Kabupaten Jayapura.

Berkenaan dengan kendaraan bermotor dengan plat nomor polisi bukan nomor Kabupaten Jayapura tidak dikenakan parkir berlangganan dan tetap mengacu pada peraturan lainnya yang masih berlaku, sebut Theo.

Ia mengatakan, untuk tanda parkir berlangganan di setiap kendaraan bermotor akan ditempelkan stiker parkir berlangganan sesuai dengan jenis kendaraannya.

Terkait struktur dan besarnya tarif penyelenggaraan parkir berlangganan untuk jangka waktu satu tahun ditetapkan sebesar Rp 120.000 khusus untuk roda empat. Sedangkan untuk roda dua (sepeda motor) dengan tarif Rp 50.000.

Tinggal nanti kita sesuaikan dengan jumlah kendaraan yang ada di wilayah Kabupaten Jayapura. Pelaksanaan pembayaran parkir berlangganan itu per tahun nanti di UPTD Samsat Doyo Baru ketika membayar pajak kendaraan bermotor, bagi mereka yang telah melakukan pembayaran retribusi parkir berlangganan akan diberikan stiker khusus yang dipasang (ditempel) di kendaraan yang mereka miliki sebagai bukti telah membayar parkir berlangganan, katanya.

Dengan adanya Perbup terkait tarif parkir berlangganan ini diharapkan bisa mengintensifkan penyelenggaraan parkir di Kabupaten Jayapura baik untuk pembinaan, penataan, pengelolaan penyelenggaraan perparkiran secara terencana dan terpadu dalam rangka mewujudkan peningkatan pelayanan kepada masyarakat di bidang penyelenggaraan parkir serta merubah pelayanan lebih santun dan keseragaman. (Irfan / Korna Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here