Peringati Bulan PRB 2018, BPBD Kab. Jayapura Gelar Donor Darah

0
644

SENTANI (LINTAS  PAPUA)  –  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jayapura bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Jayapura menggelar donor darah yang di pusatkan di depan halaman parkir Kantor BPBD Kabupaten Jayapura, Kompleks Perkantoran Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (30/10/2018) pagi.

 

Kegiatan donor darah ini digelar dalam memperingati Bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Tahun 2018, yang secara nasional dilaksanakan di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), pada Rabu (24/10/2018) lalu.

 

Dalam pelaksanaannya, terlihat Aparatur Sipil Negara (ASN), unsur TNI/Polri dan masyarakat antusias mengantri untuk mendonorkan darahnya. Hal ini menunjukkan tingginya kesadaran ASN, TNI/Polri serta masyarakat di Kabupaten Jayapura terhadap kesehatan diri sendiri kepedulian terhadap sesama.

 

Donor darah ini dirangkai dengan kegiatan simulasi pertolongan pertama dan evakuasi mandiri yang dijelaskan langsung oleh Mer-C Corp Provinsi Papua.

 

“Hari ini (kemarin) kami di BPBD Kabupaten Jayapura menggelar Donor Darah. Ini dilakukan dalam rangka memperingati Bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Nasional tahun 2018. Dimana, peringatan Bulan PRB di tingkat nasional di pusatkan di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 24 Oktober 2018 lalu,”ungkap Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Jayapura Drs. Sumartono kepada Harian Pagi Papua, Selasa (30/10/2018) siang.

 

Selain melakukan kegiatan donor darah, kata Sumartono, pihaknya juga melakukan kegiatan simulasi pertolongan pertama dalam suatu kejadian bencana alam dan juga cara melakukan evakuasi mandiri yang teknisnya dilaksanakan oleh Mer-C Corp Provinsi Papua.

 

“Jadi, kita di Kabupaten Jayapura dalam rangka memperingati Bulan PRB 2018 ini dengan melakukan serangkaian kegiatan seperti donor darah bagi ASN maupun masyarakat yang bekerjasama dengan PMI Cabang Kabupaten Jayapura. Kemudian kegiatan lainnya itu ada simulasi pertolongan pertama, terus evakuasi mandiri secara teknis dijelaskan oleh Mer-C Corp Papua,” katanya.

 

“Para peserta dari dua kegiatan tersebut dari dinas-dinas terkait, TNI/Polri, kemudian LSM yang bergerak di bidang bencana dan masyarakat yang ada di Kota Sentani,” sambung Sumartono.

 

Diketahui dalam kegiatan donor darah ini berhasil mengumpulkan 45 kantong darah dari target 30 kantong darah. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here