JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Tiga hal yang disampaikan Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM dalam lepas sambut Komandan Kodim 1701 / Jayapura yang baru, Letkol Inf Johanis Parinussa menggantikan Letkol Inf Nova Ismailiyanto, SIP menjadi esensi menjaga relasi.

“Tiga hal yakni komunikasi, komitmen dan koordinasi menjadi kunci dalam menuntaskan dan menyelesaikan masalah bersama karena Kota Jayapura adalah bagian integral NKRI,” katanya dalam lepas sambut Dandim 1701 / Jayapura, Kamis 25 Oktober 2018.

Lepas sambut dihadiri tiga kepala daerah yang termasuk ke dalam wilayah Kodim 1701 / Jayapura antara lain, Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM bersama Wakil Wali Kota Jayapura Ir H Rustan Saru, MM, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, MSi bersama Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro, serta Bupati Keerom Muhammad Markum, SH, MH. Sebelumnya, Letkol Inf Johanis Parinussa resmi menjabat sebagai Dandim 1701/Jayapura menggantikan Letkol Inf Nova Ismailiyanto, SIP yang sertijabnya dipimpin oleh Komandan Korem 172/PWY Kolonel Inf J Binsar P Sianipar di Aula Praja Wira Yakthi Korem 172/PWY, pada Rabu 24 Oktober 2018.

WALI KOTA JAYAPURA DR BENHUR TOMI MANO, MM MEMBERIKAN CINDERAMATA KEPADA MANTAN DANDIM 1701/JAYAPURA LETKOL INF NOVA ISMAILIYANTO, SIP

Wali Kota mengapresiasi dan berterima kasih atas pengabdian Dandim Letkol Inf Nova Ismailiyanto, SIP yang menjabat selama satu tahun dan tujuh bulan di Kodim 1701 / Jayapura. Wali Kota meminta kepada seluruh kepala daerah untuk mendukung kinerja dandim yang baru dalam menjalankan tugasnya terkhusus di wilayah perbatasan antar negara. Kemudian, wilayah lainnya juga harus menjadi perhatian serius para kepala daerah di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom agar tidak ada pencaplokan wilayah oleh oknum separatis. Administrasi kependudukan juga menjadi urgensi yang disoroti Wali Kota, untuk meminimalisir penyebaran paham radikalisme oleh pihak luar.

Mantan Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf Nova Ismailiyanto, SIP juga merespon positif koordinasi para kepala daerah dalam membantu tugas TNI dalam menjaga kondusifitas wilayahnya masing-masing. “Saya apresiasi kepada kepala daerah dalam menjaga wilayahnya aman, kondusif, sejahtera, adil dan tidak meninggalkan kearifan lokal,” kata Dandim yang dipindah tugaskan di Kodam Jaya Jakarta sebagai Wakil Asisten Perencanaan.

DANDIM 1701/JAYAPURA LETKOL INF JOHANIS PARINUSSA MEMBERIKAN CINDERAMATA KEPADA MANTAN DANDIM 1701/JAYAPURA LETKOL INF NOVA ISMAILIYANTO, SIP

Dandim Nova mengungkapkan bahwa dirinya pertama kali menjabat di tengah situasi pemilihan kepala daerah dan melepas jabatan di tahun politik juga, jelang pemilihan presiden dan legislatif. Keintiman kepala daerah dan masyarakat menjadi fenomena yang ditemui Dandim Nova selama menjabat. Ego dan kepentingan pribadi harus ditinggalkan demi kemanan dan ketertiban di tengah masyarakat. Dandim Nova juga mengapresiasi aprat penegak hukum yakni Kapolresta Jayapura, Kapolres Jayapura dan Kapolres Keerom dalam menciptakan stabilitas keamanan. (Humas Setda Kota Jayapura)