Gubernur Sulawesi Tengah Terima Langsung Bantuan Pemprov Papua Rp. 4,2 Miliar

0
119
Mewakili Gubernur Papua, Asisten 1 Bidang Pemerintah Sekda Provinsi Papua, Doren Wakerkwa didamping Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua,Welliam Manderi ketika diterima langsung oleh Gubernur Sulteng, Longki Djanggola dan Sekda Sulteng, Mohamad Hidayat di Kantor Gubernur Provinsi Sulteng,Senin(22/10) sore kemarin. (ISTIMEWA / HUMAS PEMPROV PAPUA))

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Provinsi Papua akhirnya secara resmi menyerahkan bantuan dana Rp.4,2 Miliar kepada korban bencana gempa dan tsunami  di Palu,Sigi dan Donggala Sulawesi Tengah.

 

Sementara itu bantuan yang secara langsung di serahkan oleh Asisten I Bidang Pemerintah Sekda Provinsi Papua, Doren Wakerkwa, mewakili Gubernur Papua dengan didampingi Kepala Badang Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua, Welliam Manderi diterima langsung oleh Gubernur Sulteng, Longki Djanggola dan Sekda Sulteng, Mohamad Hidayat di Kantor Gubernur Provinsi Sulteng,Senin(22/10) sore kemarin.

 

Asisten 1 Bidang Pemerintahan  Sekda Provinsi Papua, Doren Wakerkwa menyampaikan rasa belasungkawanya kepada masyarakat Palu,Sigi dan Donggala yang menjadi korban akibat tsunami dan Gempa Bumi yang baru-baru ini terjadi di Provinsi Sulawesi Tengah.

 

“Ya Pemerintah Provinsi Papua bersama masyarakat Papua dan para Bupati se Tanah Papua telah menyerahkan bantuan dana kemanusian sebesar Rp. 4,2 Miliar dan logistik kepada korban Palu,”ungkap Doren ketika ditemui usai menyerahkan bantuan kepada Pemerintah Provinsi Sulteng di Kota Palu,Senin(22/10).

 

Kata Doren,untuk bantuan dana tersebut dimana sudah ditrasfer langsung ke Rekening Pemerintah Provinsi Sulteng, demikian juga dengan logistik sudah diterima dan diserahkan langsung oleh pihaknya kepada Pemprov Sulteng.

“Jadi ini merupakan bentuk kepedulian kita sebagai warga Negara Indonesia dibagian timur kepada keluarga korban yang ada di Palu,Sigi dan Donggala yang terkena dampak langsung akibat gempa dan tsunami yang menimpa wilayah Sulawesi Tengah ini,”ucap Doren.

 

Menurut Doren, hampir ada 15 persen masyarakat dari Sulawesi Tengah ini tinggal di Papua yang tersebar di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Papua. Dimana selama ini mereka turut serta ikut membangun Papua selama ini.

 

Untuk itu duka yang dialami masyarakat Palu,Sigi,Donggala  ini juga menjadi duka dari masyarakat Papua.Sehingga atas dasar ini maka Pemerintah Provinsi Papua datang langsung menyerahkan bantuan ini.

 

Pada kesempatan ini pula Doren menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Sulteng, karena mau menerima dan melindungi anak-anak Papua yang menempuh pendidikan di Kota Palu.Demikian sebaliknya dengan anak-anak Palu yang menempuh pendidikan di Papua.

 

“Tentu ini merupakan suatu kolaborasi yang baik selama ini. Kita bangun suatu kerja sama yang penuh kekompakan. Oleh karena itu kami juga merasa memiliki Palu, demikan Palu juga memiliki rasa Papua. Sehingga tentu kita harus terus bangun kebersamaan Pemerintahan kedepan yang lebih baik dari sekarang ini,”tuturnya.

 

Dorenpun berharap apa yang dihadapi oleh masyarakat Palu saat ini merupakan suatu caobaan bagi Pemerintah. Tetapi pihaknya yakin Tuhan akan menyelesaikan semua persoalan di Palu ini. Apa yang terjadi saat ini merupakan cobaan yang diberikan Tuhan dan masyarakat Sulteng harus kuat menghadapinya.

 

“Mungkin bantuan yang kita berikan ini tidak cukup banyak,tetapi sekiranya bisa meringankan beban Pemerintah Sulteng untuk kembali memulihkan kondisi masyarakat termasuk pembangunan kembali infrastuktur Pemerintahan dan perumahan rakyat,”ujar Doren.

 

Sementara itu ditempat terpisah, Gubernur Sulteng, Longki Djanggola menyampaikan,  rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Provinsi Papua yang telah berpartisipasi memberikan dukungan baik dalam bentuk barang maupun uang kepada masyarakat Sulawesi Tengah yang tertimpa Bencana.

 

 

“Saya kira bantuan ini sangat berarti sekali dan tidak ada kata yang pantas kami ucapkan. Hanya salam hormat kami kepada bapak Gubernur Papua,Lukas Enembe dan seluruh jajaran Pemerintahnya serta masyarakat Papua. Tentu semua bantuan ini akan kami gunakan dan salurkan untuk membantu masyarakat yang kena dampak bencana,”tutur Gubernur Longki.

 

Gubernur Longki mengaku bantuan yang diberikan oleh Pemprov Papua ini sangat berarti sekali bagi Pemerintah dan masyarakat Sulteng.Tentu saja kebaikkan yang diberikan oleh Pemprov Papua dan masyarakat Papua akan diberkati oleh Tuhan. (Berti Pahabol / LintasPapua.com)