Dinas Kehutanan Papua Giat Dalam Pengamanan Hutan Dari Ancaman

0
108
Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua, Jan Jaap Ormuseray, saat diwawancara. (Erwin /HPP)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  –   Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua, Yan Y.L Ormuseray  mengatakan, bahwa Dinas Kehutanan dalam pengamanan hutan dari ancaman -ancaman  kegiatan ilegal menuai banyak tantangan, baik dari para perusak hutan maupun masyarakat adat  yang telah diperdaya dengan berbagai hal. Senin (22/10/2018)

Ia juga menambahkan,  bahwa namun tantangan seperti ini akan menjadi bagian yang mendorong semangat pengamanan hutan sebagai wujud yang tidak terpisahkan  dari jiwa karya para rimbauan  di papua.

 

“Selain kegiatan pengamanan hutan, pada rapat koordinasi ini juga akan membahas tentang langkah tindak pencegahan,penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Papua,” tuturnya.

 

“Karena data kejadian kebakaran hutan beberapa waktu terakhir ini,  menunjukan tingginya aktivitas  kebakaran di wilayah selatan Papua,”  ungkapnya.

Diakui, dengan semangat penyelamatan hutan di Papua, maka  Aparatur Sipil Negara di Dinas Kehutanan mendorong adanya cabang-cabang Dinas Kehutan ditempat-tempat lainnya.

 

“Hal ini tidak hanya menghasilkan peningkatan pembiyayaan tapi juga membutuhkan waktu penyesuaian atau masa transisi yang cukup lama, ” sambungnya.

 

” Selain itu juga adanya kebijakan pembatasan tugas pengawas peredaran hasil hutan pada pemegang ijin pemanfaatan hasil hutan memberikan ruang yang leluasa bagi pelaku kejahatan di bidang kehutanan,”tandasnya. (Berti Pahabol / LintasPapua.com)