Peduli Kesejahteraan Nelayan, Wali Kota Jayapura Bantu 8 Unit Kapal Tangkap Ikan

0
126
Wali Kota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano, MM., saat menyerahkan bantuan Pemerintah Kota Jayapura melalui dinas Perikanan kepada nelayan binaan sebanyak 8 unit kapal motor tangkap ikan yang ditandai penyerahkan miniatur kapal, Jumat 19 Oktober 2018. (Foto Humas Setda Kota Jayapura)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –   Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Kelautan dan Perikan, berikan bantuan 8 unit kapal tangkap ikan, motor tempel dan ketinting untuk nelayan asli Papua yang bersumber dari dana otonomi khusus tahun anggaran 2018.

Selain itu,  Pemerintah Kota Jayapura memberikan  bantuan Apartemen Fish atau rumah ikan, untuk membantu masyarakat dalam membudidayakan dan menangkap ikan disejumlah kampung di Kota Jayapura.

Wali Kota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano, MM.,  saat menyerahkan bantuan Pemerintah Kota Jayapura melalui dinas Perikanan kepada nelayan binaan sebanyak 8 unit kapal motor tangkap ikan yang ditandai penyerahkan miniatur kapal, Jumat 19 Oktober 2018

Wali Kota Jayapura, Dr.Benhur Tomi Mano, MM yang menyerahkan langsung bantuan ini mengatakan, usaha kelautan dan perikan yang selama ini dibina oleh Pemerintah Kota Jayapura meliputi penangkapan, pembudidayaan dan pemasaran ikan, merupakan salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan taraf hidup masyarakat khususnya pendapatan dan kesempatan kerja bagi para nelayan tersebut, serta meningkatkan perekonomian di Kota Jayapura.

“Kita akui bahwa sektor perikanan ini memberikan andil dalam perekonomian di Kota Jayapura, ketika hasil tangkapan nelayan berkurang maka harga ikan dipasarkan akan mahal, hal ini akan memacu inflasi di Kota Jayapura, untuk itu upaya peningkatkan sektor perikanan ini sangatlah penting, seperti hari ini kita memberikan 8 unit kapal dan jaring, serta rumah ikan, dan selain itu kita juga terus meningkatkan sumber daya manusia, teknologi, memberikan modal, serta membantu pemasaran dari para nelayan, ini adalah bentuk perhatian dari Pemerintah untuk rakyat nya,” ujar orang nomor satu di Kota Jayapura tersebut saat berikan sambutan, Jumat 19 Oktober 2018

Wali Kota Jayapura, DR. benhur Tomi Mano, MM.,  saat menyerahkan bantuan Pemerintah Kota Jayapura melalui dinas Perikanan kepada nelayan binaan sebanyak 8 unit kapal motor tangkap ikan yang ditandai penyerahkan miniatur kapal, Jumat 19 Oktober 2018

Wali Kota yang akrab disapa BTM juga berharap, tidak ada lagi nelayan atau masyarakat yang menggunakan Bom untuk menangkap ikan, karena hal tersebut merusak ekosistem alam dan hancurnya terumbu karang.

Pemerintah Kota Jayapura melalui dinas Perikanan menyerahkan 8 unit kapal motor tangkap ikan kepada nelayan binaan, Jumat 19 Oktober 2018. (Foto Humas Setda Kota Jayapura)

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Jayapura, Elsye P Rumbekwan mengatakan, ada 8 unit kapal yang diserahkan kepada nelayan asli Papua, berupa kapal ikan 3GT hand line tuna dengan dilengkapi dengan panjang kapal 10 meter dan lebar 1.45 meter.

Selain itu, bantuan berupa mesin ketinting, jaring ikan dan rumah ikan atau yang lebih dikenal dengan apartemen fish untuk masyarakat di dua kampung, yakni kampung Kayu Pulo dan kampung Holtekam, semua bantuan tersebut menggunakan dana hibah DAK 2018 dan dana Otsus tahun 2018 Pemerintah Kota Jayapura.(Humas  Setda Kota Jayapura)