Bantuan Papua ke Palu Wujud Kepedulian Menolong Korban Gempa dan Tsunami

0
157
Foto bersama Gubernur Papua, Lukas Enembe, dan Wagub Papua, Klemen Tinal dan tim yang akan berangkat menyerahkan bantuan kepada korban gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  –  Pemerintah Provinsi Papua memastikan penyerahan bantuan Rp4,2 miliar kepada korban gempa Palu, Sulawesi Tengah, akan diserahkan pada pekan depan.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Papua Lukas Enembe, di Gedung Negara Dok V Atas, Jayapura, Kamis (18/10/2018) pagi.

“Hari ini secara resmi saya sudah lepas tim yang akan mengantar bantuan kepada korban gampa dan tsunami Palu. Tim rencana berangkat hari Minggu (20/10) ke Palu dan menyerahkan bantuan itu kepada pemda setempat Senin (21/10),” terang Lukas.

Menurut Lukas, penyerahan bantuan merupakan satu bentuk kepedulian dan dukungan terhadap masyarakat di Palu dan sekitarnya yang terkena musibah gempa bumi dan tsunami.

“Kita optimis pemerintah pusat akan bisa mengatasi bencana yang sudah terjadi. Sebab memang masalah gempa ini persoalan yang rumit bagi indonesia. Sebab Indonesia ini masuk daerah rawan gempa dan tinggal menunggu kapan bencana itu terjadi,” katanya.

“Tapi diluar dari itu semua kita juga berharap Palu cepat dipulihkan dan segera melaksanakan tugas pemerintahan serta kemasyarakatan, sebagaimana mestinya,” harap dia.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Papua, Welliam Robert Manderi mengatakan penyerahan bantuan oleh tim yang ditunjuk Gubernur, bakal dipimpin Asisten I Bidang Pemerintahan Sekda Papua, Doren Wakerkwa.

Selain uang tunai Rp4.200.000.000 dari 16 kabupaten dan provinsi, tim juga bakal menyerahkan logistik. “Intinya, penyerahan bantuan ini merupaakan satu bukti kepedulian Papua, dalam hal ini gubernur. Sehingga nanti donasi akan diserahkan langsung kepada Gubernur setempat untuk dikelola sebagaimana mestinya dalam membangun kembali Sulawesi Tengah,” katanya. (Koran Harian Pagi Papua)