Sertijab Kadispora Kab. Jayapura, Yaan Yoku Fokus Utama Sukseskan PON XX 2020

0
61
Kepala Dispora yang baru, Yaan Yoku, S.Sos, M.MT (Baju Putih), kepada para awak media mengatakan, fokus pertama yang akan dia lakukan sebagai kepala dinas yang baru adalah mensukseskan pelaksanaan iven PON XX Tahun 2020. Tampak kedua pejabat sedang berjabat tangan usai serahterima jabatan. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Jayapura serah terima jabatan (Sertijab) di Kantor Dispora tersebut yang berada di bagian timur Lapangan Upacara Perkantoran Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (17/10/2018) siang.

Acara serah terima jabatan ini dihadiri Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, Timotius J. Demetouw, Sekretaris Dispora Kabupaten Jayapura serta seluruh Kepala Bidang, Kepala Seksie, Kasubbag dan ASN pada Dispora Kabupaten Jayapura.

 

Yang menjabat sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) yang baru yaitu, Yaan Yoku, S.Sos, M.MT, menggantikan Kepala Dispora yang sebelumnya, Hans Monim. Pada kesempatan itu, Kepala Dispora yang lama langsung menyerahkan dokumen penting kantor tersebut kepada Kepala Dispora yang baru, Yaan Yoku, S.Sos, M.MT.

 

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E, .Si, melalui Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura Timotius J. Demetouw, pada kesempatan itu menjelaskan, bahwa ada dua tugas yang harus dilaksanakan dinas ini dan yang harus dilaksanakan oleh Kadispora baru yaitu, tentang kepemudaan dan olahraga.

 

“Kedepan, kepala dinas yang baru juga harus betul-betul mampu membakar semangat kepemudaan di Kabupaten Jayapura, terutama yang menyangkut organisasi, termasuk pemuda gereja maupun masjid dan lain sebagainya, organisasi pemuda atau ormas banyak manfaatnya bagi kita. Untuk itu kedepan ormas yang ada di daerah ini perlu diperhatikan,” kata Timotius Demetouw.

 

Menurutnya, memajukan organisasi termasuk memanjakan Negeri dan daerah. “Kedepan keberadaan dan juga peran Ormas yang dikelola oleh pemuda agar lebih meningkat lagi,” tuturnya.

 

Kemudian kata pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Badan Litbangda itu, olahraga juga tidak bisa dilepaskan dengan organisasi, diantara keduanya sangat beketerkaitan. “Ditubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat,” cetus Timotius.

Dikatakan, ada satu hal yang mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Jayapura, dimana Kabupaten Jayapura ini merupakan tempat penyelenggaraan iven Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020. Venue (lokasi) utama pelaksanaan PON XX itu ada di Kabupaten Jayapura.

 

“Dengan kehadiran kepala dinas yang baru ini, harapan kami beliau dapat memaksimalkan seluruh potensi yang ada dinas ini. Guna mengerahkan seluruh atlit yang ada di Kabupaten Jayapura, sehingga tidak kalah bersaing dengan atlit-atlit diluar kabupaten/kota di Provinsi Papua,” katanya.

Untuk apa semua ini harus dilakukan, Timotius juga mengatakan, dalam rangka meraih juara, karena ajang olahraga terbesar di Indonesia itu tinggal satu tahun kedepan persiapannya guna menyambut PON XX Tahun 2020.

 

“Sehingga membutuhkan orang yang enerjik, dan orang yang harus ada di tempat untuk mengkoordinir seluruh potensi yang ada di Kabupaten Jayapura ini,” ucapnya.

 

Kepada Kadispora yang lama, Timotius Demetouw menyampaikan ucapan rasa terima kasih atas pengabdiannya menjadi Kadispora yang sudah menjabat lebih kurang dua tahun.

“Jadi, hari ini (kemarin) saya mewakili Pemerintah Kabupaten Jayapura menyampaikan terima kasih untuk serah terima jabatan yang telah berlangsung ini. Dengan demikian, secara leluasa kepala dinas yang baru ini dapat melaksanakan tugas-tugas itu dengan baik. Sedangkan kepada kepala dinas lama, kami ucapkan terima kasih atas pengabdiannya dan juga prakarsa yang tinggi selama ini,” tukasnya.

 

Sementara itu, Kepala Dispora yang baru, Yaan Yoku, S.Sos, M.MT kepada para awak media mengatakan, fokus pertama yang akan dia lakukan sebagai kepala dinas yang baru adalah mensukseskan pelaksanaan iven PON XX Tahun 2020.

“Saya terlebih dahulu akan fokuskan pertama untuk kita sukseskan PON di klaster Kabupaten Jayapura. Karena ini yang mendesak sekali, sehingga saya akan berusaha melakukan beberapa langkah strategis untuk bicara dengan teman-teman stokeholder yang ada, seperti KONI maupun pihak lainnya untuk bagaimana kesiapan kita sebagai tuan rumah atlit dan juga tersedianya infrastruktur disini,” sebut Yaan Yoku. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)