Pemerintah Distrik Diminta Kawal Dana PKK Tingkat Kampung

0
111
Nampak suasana pertemuan antara TP-PKK Kabupaten Jayapura bersama sejumlah OPD teknis dan Distrik yang dipimpin oleh Sekda Kabupaten Jayapura Drs. Yerry F. Dien, M.Si, di Aula Lantai I Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (15/10) kemarin. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Sekretaris Daerah (Sekda)  Kabupaten Jayapura, Drs. Yerry F. Dien, M.Si meminta kepada seluruh Kepala Distrik yang ada di Kabupaten Jayapura untuk bisa mengawal setiap dana pembinaan bagi TP-PKK di setiap kampung di distrik masing-masing yang bersumber dari dana kampung.

 

 

“Saya meminta kepada distrik harus kawal dana pembinaan bagi TP-PKK Tingkat Kampung di distrik masing-masing yang bersumber dari dana kampung,” pinta Sekda Yerry kepada wartawan usai pertemuan antara pengurus TP-PKK Kabupaten Jayapura dengan sejumlah PD teknis dan Kepala Distrik, yang berlangsung di Aula Lantai I Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (15/10) kemarin sore.

 

Menurutnya, di setiap dana kampung itu hendaknya Pemerintah Kampung menyertakan dana pembinaan bagi TP-PKK masing-masing kampung, sehingga program-program PKK di kampung dapat berjalan sesuai dengan petunjuk dari TP-PKK Kabupaten Jayapura.

“Melalui pertemuan bersama ini, kami ingin menegaskan kepada PD tekhnis dan kepala distrik untuk memperhatikan keberadaan PKK di tingkat distrik maupun kampung. Dengan demikian, komitmen bersama antara pemerintah dan PKK untuk menjadi mitra dalam melakukan pembangunan boleh berjalan dengan baik,” tegasnya.

Dirinya mengatakan, dari sejumlah keluhan yang telah di terima oleh pihaknya bahwa yang terjadi selama ini, ada sebagian pemerintah kampung di Kabupaten Jayapura tidak menganggarkan dana untuk TP-PKK di masing-masing kampung. Padahal telah ada petunjuk dari kepala daerah untuk pemerintah kampung dapat menganggarkan dari dana kampung untuk TP-PKK ditingkat Kampung.

Sementara itu,  di tempat yang sama, Ketua TP-PKK kabupaten Jayapura, Ny. Magdalena Luturmas Awoitauw, S.Pd menjelaskan, bahwa PKK di setiap kampung perlu mendapat perhatian pemerintah. Sebab, keberadaan PKK di kampung menjadi mitra dalam membangun kampung.

“Kami menerima laporan dari pengurus TP-PKK kampung bahwa, banyak kepala kampung atau pemerintah kampung yang tidak menyediakan atau menganggarkan anggaran untuk PKK. Oleh karena itu, kami menyampaikan kepada pimpinan daerah untuk menindaklanjuti hal tersebut. Supaya ada kejelasan pengganggaran bagi PKK ditingkat kampung,” tegas Magdalena Luturmas Awoitauw, yang juga Ketua Bunda PAUD Kabupaten Jayapura tersebut.

Dirinya menambahkan, melalui pertemuan bersama antara pihaknya bersama PD tekhnis dan distrik yang di hadiri oleh Sekda Kabupaten Jayapura ini dapat menjadi sebuah langkah konkrit dari para pihak, untuk memberikan perhatian berupa anggaran untuk menjawab program-program PKK ditingkat kampung. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)