Kabupaten Jayapura Target PAD 2019 Rp 120 Miliar

0
66
Asisten II Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Jayapura, Eddy Susanto, ketika memandu Rapat Penyusunan Target PAD 2019, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (15/10/2018) kemarin sore. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) berencana untuk menetapkan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2019 sebesar Rp 120 miliar.

Perencanaan penetapan target PAD itu di tentukan melalui suatu Rapat Bersama Antara Tim Ekonomi Pemda Kabupaten Jayapura dengan 19 Perangkat Daerah (PD) pengelola PAD dan tiga BUMD serta 1 BUMN.

“Kami berharap agar target PAD yang kita tetapkan itu dapat kita capai. Sebab, potensi pengelolaan sumber-sumber pendapatan di daerah ini masih tersedia,” ujar Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Jayapura, Theopilus H. Tegay, kepada tiga awak media usai pelaksanaan rapat bersama tersebut, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (15/10/2018) kemarin sore.

Menurut pria yang akrab disapa Theo ini, jumlah target PAD yang di tetapkan itu merupakan acuan bagi setiap Perangkat Daerah (PD) dalam pengelolaan sumber-sumber pendapatan, yang berpatokan pada nominal yang telah di tentukan setiap PD lewat hasil rapat bersama perencanaan penetapan PAD.

 

Untuk itu, Theo meminta kepada Kepala-kepala OPD dari 19 PD yang mempunyai sumber PAD, untuk benar-benar memanfaatkan sumber pendapatan dengan baik agar target yang telah di tentukan ini dapat tercapai dalam kurun waktu satu tahun yakni, di tahun 2019 nanti.

Sementara itu, Asisten II Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Jayapura, Eddy Susanto menuturkan, pihaknya selaku tim anggaran Kabupaten Jayapura tentu akan mengawal setiap upaya penggalian sumber-sumber potensi PAD dari setiap PD dan harus memenuhi target PAD.

“Sebab, jika target yang di tetapkan ini tidak terpenuhi maka otomoatis akan menggangu nominal target PAD secara keselurahan yang telah di tetapkan lewat rapat bersama tersebut,” tutur Eddy Susanto yang pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Inspektorat Kabupaten Jayapura ini.

Dirinya menegaskan, Perangkat Daerah (PD) jangan lengah, tetapi harus bekerja keras guna mengejar target yang telah di tetapkan, baik itu target secara keseluruahn. Tetapi, juga target setiap PD. Dengan demikian apa yang telah di putuskan dan ditetapkan secara bersama dapat tercapai.

Selain itu, Eddy menambahkan, Bappenda selaku PD tekhnis hendaknya dalam setiap waktu dapat melakukan koordinasi dan komunikasi dengan perangkat daerah atau PD yang ada agar target PAD Kabupaten Jayapura untuk tahun 2019 yang sudah di tentukan ini dapat tercapai. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)