SENTANI (LINTAS PAPUA) – Tim Penggerak-Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) akan menggelar lomba cipta menu berbahan pangan lokal. Lomba ini digelar menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kebangkitan Masyarakat Adat (KMA) Tahun 2018 dan iven Festival Bahari Tanah Merah (FBTM).

 

Terkait rencana lomba tersebut disampaikan secara langsung oleh Ketua TP-PKK kabupaten Jayapura, Ny. Magdalena Luturmas Awoitauw, S.Pd, kepada wartawan usai pertemuan dengan Sekda Kabupaten Jayapura bersama sejumlah Kepala Perangkat Daerah (PD) dan Kepala Distrik, di Aula Lantai I Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (15/10/2018) lalu.

FESTIVAL TELUK TANAH MERAH (Foto Edwin Yepese Facebook)

“Lomba cipta menu berbahan pangan lokal yang akan kita gelar itu akan di ikuti oleh setiap PKK Distrik dan PKK Kampung serta organisasi perempuan lainnya. Bahan yang akan di gunakan dalam lomba itu sudah tentu bahan pangal lokal yang disediakan oleh alam atau hasil kebun,” ungkap Magdalena Luturmas Awoitauw,  yang juga Bunda PAUD Kabupaten Jayapura tersebut.

 

Untuk itu, dirinya bersama dengan sejumlah pengurus TP PKK Kabupaten Jayapura sedang mematangkan rencana tersebut, jika tidak ada kendala maka sudah tentu perlombaan cipta menu berbahan pangan lokal tingkat Kabupaten Jayapura dalam rangka HUT KMA dan FBTTM akan di selenggarakan.

 

Dengan menggelar lomba cipta menu bahan lokal itu diminta kepada seluruh pihak dapat memberikan dukungan dan terlibat secara langsung.

Keindahan Tanjung Tanah Merah, Kampung Tablasupa, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, dari kejahuan yang menjadi destinassi wisata yang harus dijaga dan dilestarikan.. Tampak Pemandangan Belakang kearah Kampung Yongsu Desoyo. (Eveerth Joumilena /LintasPapua)

“Kami minta kepada semua pihak, terutama PKK ditingkat Distrik dan Kampung serta organisasi perempuan lainnya dapat memberikan dukungan serta terlibat secara penuh pada pelaksanaan perlombaan cipta menu bahan lokal tersebut,” pintanya.

 

Selain itu, dirinya menambahkan, PKK Kabupaten Jayapura memilki sejumlah program untuk dan sudah terlaksana dalam tahun 2018. Salah satu programnya adalah lomba cipta menu bahan pangan lokal, jika program tersebut dapat terlaksana maka kedepan PKK Kabupaten Jayapura dapat memprogramkan kegiatan serupa lagi.

Generasi Festival Tanah Merah (Anike Fonataba)

Dirinya juga mengakui, bahwa dalam rangka mensukseskan pelaksanaan lomba cipta menu bahan pangan lokal itu membutuhkan dukungan pemerintah baik Pemerintah Kabupaten Jayapura, Distrik, Kampung dan Kelurahan.

 

“Dengan demikian, perlombaan yang akan di laksanakan tersebut menjadi sebuah motivasi bagi ibu-ibu PKK dalam membangun daerah ini lewat karya-karya,” tukasnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)