Pemprov Papua Sosialiasi E – Catalogue Online Shop LKPP

0
114

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Pemprov Papua dalam rangka  pengembangan dan pengelolaan E-Marketplace Pengadaan Barang/ Jasa, bekerjasama dengan UKPBJ dan/atau pelaku usaha dalam hal ini  Datacrip dan Turbo melaksanakan   Sosialiasi dan Seminar E-Catalogue Online Shop Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP)  serta Talk  Show bertajuk Belanja Pemerintah dengan Cepat dan Tepat Bersama E-Catalogue Online Shop LKPP di Hotel Aston, Jayapura, Kamis (11/10/2018).

Kegiatan ini dibuka  Kepala  Bapeda Papua Muhammad Mus’sad, mewakili  sekaligus membacakan sambutan Gubernur Papua Lukas Enembe, diikuti Kepala SKPD di Lingkungan Pemprov Papua.

Dari hasil kegiaan ini, ujar Gubernur,  diharapkan mampu memperkuat  pengembangan  dan  pelaksanaan pengadaan barang dan jasa  Pemprov Papua  yang akuntabel.

Gubernur menjelaskan, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang dan  Jasa Pemerintah didalam  pasal 4, disebutkan  bahwa  pengadaan  barang dan  jasa bertujuan menghasilkan  barang dan  jasa  yang tepat dari setiap uang   yang dibelanjakan, diukur dari  aspek kualitas, jumlah, waktu, biaya, lokasi dan penyedia, meningkatkan penggunaan produk dalam negeri, meningkatkan peran  serta  usaha mikro, usaha kecil dan  usaha menengah, meningkatkan peran pelaku usaha nasional, mendukung pelaksanaan penelitian  dan  pemanfaatan barang dan jasa hasil  penelitian, meningkatkan keikutsertaan industri kreatif, mendorong pemerataan ekonomi dan mendorong pengadaan berkelanjutan.

Pemprov Papua, ujarnya,  memiliki  kontribusi  yang sangat besar   terhadap upaya perwujudan  pembangunan  berkelanjutan bagi daeran maupun negara lain, terutama  apabila dikaitkan dengan keberadaan LPSE sesuai Peraturan Gubernur Papua Nomor 53 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja UPT-LPSE di Pemprov Papua  yang masih berumur 5 tahun, sangat dirasakan animo masyarakat cukup baik, indikasinya banyaknya vendor berkonsultasi melalui verifikasi dan mendaftar secara online dan offline di LPSE.

 

Efisiensi  Dari Sisi Biaya dan Waktu

 

Sementara itu, Direktur Penjualan PT. Datascrip Liana Setiawan menjelaskan, melalui sosialiasi dan talk show ini,  Datascrip berharap pengetahuan tentang teknis  dan manfaat dari pengadaan  melalui E–Catalogue Online Shop LKPP dapat  bertambah sehingga  efisiensi pemerintah  baik dari sisi biaya dan waktu, yang  menjadi tujuan dari pengadaan melalui E–Catalogue Online Shop   LKPP dapat terwujud.

Ia   menjelaskan,  Datascrip Online  Store ada di  E—Catalogue, untuk  kategori produk alat penyimpanan  (rak, lemari arsip, locker), alat kebersihan (vacuum cleaner, high pressure, scubber, dries, sapu, pengki, sikat dan sponge. Perlengkapan kantor/rumah tangga (meja, kursi, safety padlock) dan alat  perekat (plastic adhesive).

Untuk kategori komputer (PC desktop, notebook, PC all one dan lain-lain, peralatanm kantor printer, scanner, proyektor, plotter dan lain-lain. Computer suppies (tinta, toner dan lain-lain dan software (operating system, database dan lain-lain). (Berti Pahabol / LintasPapua.com)