Bupati Mathius Awoitauw Lantik 223 Pejabat Eselon II, III dan IV

0
237
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E, M.Si, saat melantik Ratusan Pejabat Eselon II, III dan IV di Lingkungan Pemkab Jayapura, yang berlangsung di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura. Tampak Bupati Mathius Awoitauw saat melantik Kepala Distrik Sentani, Budi Prodjonegoro Yokhu, S.STP. (Irfan /HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA)  –  Untuk meningkatkan capaian kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN), Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, melantik ratusan pejabat Eselon II, III dan IV, di lingkungan Pemkab Jayapura, bertempat di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (11/10/2018) siang sekitar pukul 13.30 WIT.

 

“Ini (pelantikan) termasuk banyak ya, acara ini berlangsung hampir dua jam lamanya. Namun intinya disini adalah bahwa ini ada kepastian posisi jabatan pegawai kita di daerah ini, tetapi juga kita melakukan rolling. Kalau sudah lima tahun di posisi ini kita rolling lagi. Nah, ini yang kita lakukan pada hari ini (kemarin),” kata Bupati Mathius kepada wartawan usai melantik ratusan pejabat Eselon II, III dan IV, Kamis (11/10/2018) sore.

 

Dalam pelantikan yang dilakukan Kamis (11/10/2018) kemarin, Bupati Mathius melantik 223 pejabat eselon. Pejabat Eselon IV menjadi yang paling banyak jumlahnya mencapai 140 orang. Sedangkan Eselon II hanya 1 orang dan Eselon III berjumlah 82 orang.

 

Bupati Mathius mengatakan, pelantikan yang dilakukan pihaknya ini harus memberi dampak yang besar untuk percepatan-percepatan pembangunan di Kabupaten Jayapura. “Apa artinya kita lakukan perubahan dan terus melakukan perbaikan-perbaikan dalam menempatkan orang. Itu tujuannya adalah bagaimana pelayanan kepada masyarakat ini harus tetap berjalan,” katanya.

 

“Dengan memperbaiki sistem ini, bukan berarti kita berhenti disitu. Namun sistem ini hanyalah sarana saja. Kalau sarana ini menjadi baik, maka sarana ini bisa mendukung untuk tujuan-tujuan pembangunan yang sudah kita canangkan dalam visi misi, program dan kegiatan yang sudah disepakati,” sambung Mathius Awoitauw.

 

Karena itu, kata Bupati Mathius, dari program dan kegiatan ini harus memberi dampak terhadap perbaikan-perbaikan kehidupan di dalam masyarakat. Artinya, ada kesejahteraan, ada keamanan, ada ketertiban, kemudian juga lingkungan ini tetap lestari, bagaimana masyarakat adat bisa mendapatkan tempat yang baik untuk berekspresi tentang masa depannya. Termasuk juga bidang kesehatan dan pendidikan.

 

“Jadi, hal-hal ini yang harus terlihat agar masyarakat ada didalamnya dan masyarakat bisa berpartisipasi dalam program maupun kegiatan tersebut,” katanya.

 

Mathius menambahkan, sebagai wahana bagi peningkatan kualitas pribadi. Hal ini erat kaitannya dengan upaya meningkatkan kemampuan dan efisiensi organisasi Pemerintahan agar terus berkembang.

 

“Mudah-mudahan adanya rotasi mutasi (rolling) ini, mereka bekerja lebih baik lagi guna menunjang program Pemkab Jayapura. Memang dari waktu ke waktu itu tantangan pembangunan inikan terus meningkat, kita sedang menghadapi tantangan teknologi informasi yang begitu cepat. Jadi, birokrasi ini harus berubah dan berkembang. Sehingga koordinasi dan komunikasi internal itu harus tetap solid dan terus ditingkatkan,” ungkapnya.

 

Untuk itu, Bupati Mathius mengingatkan kepada para pejabat yang baru dilanti untuk melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh penuh tanggungjawab sesuai dengan tugas yang diberikan.

 

“Tidak menunggu, ataupun beradaptasi terlalu lama untuk bergerak maju dengan dilandasi sikap professional, disiplin dan penuh dedikasi serta pola pikir sikap dan tindak positif agar hasilnya dapat dipertanggungjawabkan,” tukasnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)