Amerika Bantu 3,6 Juta Dollar AS untuk Korban Gempa Sulawesi Tengah

144

JAKARTA (LINTAS PAPUA)  –  Hal ini sebagaimana disampaikan Juru Bicara USAID Clayton M. McCleskey mengenai Bantuan Kemanusiaan Tambahan bagi Masyarakat yang Terkena Dampak Gempa dan Tsunami di Indonesia.

“Amerika Serikat mengumumkan tambahan bantuan kemanusiaan sebesar 3,6 juta dollar AS untuk membantu masyarakat yang terkena dampak dari gempa dengan kekuatan magnitudo 7,5 dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah di Indonesia pada 28 September 2018. Bantuan ini menggenapi total bantuan kemanusiaan dari AS menjadi 3,7 juta dollar AS,” ujar  Jumat, Juru Bicara USAID Clayton M. McCleskey  5 Oktober 2018 pekan kemarin.

Dijelaskan, bahwa sebagai bagian dari respon tanggap bencana, Lembaga Bantuan Donor AS (USAID) menerbangkan 2.210 gulung lembar plastik tebal dan kuat dari gudang penyimpanan barang-barang keperluan darurat di Dubai dan Malaysia, yang bisa menjadi tenda penampungan darurat sementara bagi 110.500 orang.

Dikatyakan, bahwa Tim ahli bencana USAID berada di Indonesia untuk melaksanakan peninjauan dampak kerusakan gempa dan mengkoordinasikan tim tanggap bencana AS dengan pihak berwenang setempat, pemerintah Indonesia dan organisasi kemanusiaan.

Mitra-mitra USAID telah mendistribusikan perlengkapan darurat untuk tempat hunian sementara, selimut, perlengkapan higienis, lampu tenaga surya, dan kelengkapan tanggap darurat lainnya, termasuk mencari lokasi-lokasi aman untuk membantu anak-anak menghadapi bencana.

 

USAID juga meminta bantuan khusus kepada Komando Indo-Pasifik Departemen Pertahanan AS yang telah mengirimkan tiga pesawat Hercules C-130 untuk membantu upaya USAID dalam mengirimkan bantuan bagi yang membutuhkan.

Amerika Serikat akan terus bersama dengan masyarakat Indonesia pada masa-masa yang penuh tantangan seperti saat ini, dan akan terus memberikan bantuan untuk membantu mereka yang terkena dampak bencana yang menghancurkan ini. (*)