Persiapkan Orang Asli Papua Masuki Dunia Kerja, Disnakertrans Gelar Pelatihan Desain Grafis

0
71
Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, DR. Timotius J. Demetouw, S.E., M.Si, disaksikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Kabupaten Jayapura, Drs. I Nyoman Sucipta, M.KP, saat menyematkan tanda peserta kepada dua perwakilan peserta pelatihan sebagai tanda secara resmi membuka kegiatan Pelatihan Keterampilan Operator Komputer Bagi Pencari Kerja, di Hotel Ratna, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (12/8/2018) kemarin pagi. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) –  Persaingan dunia kerja yang semakin hari semakin ketat ditambah banyaknya pekerja asing yang mulai merambah dunia pekerjaan di Indonesia atau biasa dikenal dengan sebutan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), membuat beberapa kota di Indonesia terus melatih, mendampingi dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) warganya, salah satunya di Kabupaten Jayapura.

Untuk mempersiapkan mental sekaligus meningkatkan keterampilan warganya, Pemkab Jayapura melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Jayapura menggelar pelatihan desain grafis bagi tenaga kerja secara gratis yang khusus diperuntukkan bagi Orang Asli Papua (OAP) asal Kabupaten Jayapura.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Kabupaten Jayapura, Drs. I Nyoman Sucipta, M.KP, mengatakan pelatihan desain grafis tenaga kerja untuk menyiapkan SDM yang ada di Kabupaten Jayapura dalam memasuki pasar kerja berbasis kompetisi. Selain itu, pihaknya juga bekerjasama dengan lembaga sertifikasi dan sekolah-sekolah menengah kejuruan (SMK) yang ada di Kabupaten Jayapura.

“Kami sudah melakukan kerjasama dengan lembaga sertifikasi yang lebih dikhususkan bagi mereka yang belum maupun yang sudah bekerja namun ingin meningkatkan keahliannya,” ujar  I Nyoman Sucipta kepada wartawan harian ini, Senin (8/10/2018) kemarin siang.

Ditanya para peserta pelatihan desain grafis bagi tenaga kerja yang dilaksanakan Disnakertrans ini, Nyoman mengatakan ada 16 orang peserta terdiri dari empat orang dari empat distrik yakni, Distrik Namblong, Distrik Demta, Distrik Sentani Barat dan Distrik Kemtuk Gresi.

“Dalam pelatihan ini, para peserta akan kami menjadi empat kelompok dan setiap kelompok diberikan satu unit laptop lengkap dengan print dan alat scanner. Sedangkan untuk instruktur atau pelatih dari pelatihan desain grafis ini dari pihak SMK, apalagi disana lengkap dengan laboratoriumnya,” kata Nyoman.

Diakuinya, sudah melakukan komunikasi dengan OPD teknis dalam hal ini Dinas Kominfo untuk penyediaan jaringan internetnya. Sementara untuk jadwal pelatihannya dilakukan selama dua minggu.

“Kami terus melakukan pelatihan gratis ini kepada masyarakat Kabupaten Jayapura khususnya Orang Asli Papua (OAP) yang benar-benar belum mendapatkan pekerjaan, Semoga mereka bisa mandiri dan juga bisa memanfaatkan pelatihan semacam ini untuk mencari pekerjaan,” tukasnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)