Panitia HUT Kebangkitan Masyarakat Adat ke – V Siap Gelar Seminar Nasional

0
72
Ketua Panitia Pelaksana HUT KMA ke-V Tahun 2018 yang juga Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP., tampak saat bersama sejumlah wartawan di ruang kerjanya. (Irfan / HPP)

SENTANI  (LINTAS PAPUA) –  Beberapa hari setelah melakukan rapat koordinasi kedua yang membahas tentang persiapan HUT Kebangkitan Masyarakat Adat (KMA) ke-V tahun 2018 antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Kampung (DPMPK) dengan Sembilan (9) Dewan Adat Suku (DAS) yang juga dihadiri pihak Panitia Pelaksana pada pekan kemarin di Aula Lantai I Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani.

 

Usai pelaksanaan rapat koordinasi kedua tersebut, Panitia Pelaksana Peringatan HUT KMA ke-V Tahun 2018 menginformasikan mengenai agenda acara yang siap mereka gelar menjelang peringatan HUT KMA ke-V, yakni Seminar Nasional Kebangkitan Masyarakat Adat tentang Pemberdayaan Masyarakat Hukum Adat di Kabupaten Jayapura, 21 Oktober 2018 mendatang.

 

Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP selaku Ketua Panitia Pelaksana Peringatan HUT KMA ke-V Tahun 2018 kepada wartawan harian ini saat ditemui Senin (8/10/2018) kemarin siang, di Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura itu menuturkan, rapat itu merupakan rapat koordinasi panitia pengurus dalam rangka memperingati HUT KMA ke-V tahun 2018 di Kabupaten Jayapura.

 

Sebagaimana hal-hal yang di musyawarahkan dan juga di diskusikan bersama-sama dalam rangka persiapan serta pemantapan-pemantapan guna menjelang atau menyongsong HUT KMA tersebut. Sebagaimana kita ketahui bahwa setiap tahun dilaksanakan peringatan HUT KMA pada tanggal 24 Oktober dan di tahun 2018 ini merupakan peringatan HUT KMA yang kelima, ujarnya.

Rangkaian dari HUT KMA ini dimulai dari tanggal 21 Oktober 2018 nanti. Pada tanggal 21 Oktober itu akan dilangsungkan seminar nasional, terkait dengan pemberdayaan masyarakat hukum adat di Kabupaten Jayapura, sambung Abdul Rahman Basri yang juga menjabat sebagai Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura tersebut.

 

Dalam acara seminar nasionalnya nanti, rencananya pihak Panitia Pelaksana HUT KMA ke-V Tahun 2018 siap mendatangkan beberapa pembicara.

Kita mengundang berbagai pihak, baik itu dari Kementerian/Lembaga maupun komponen-komponen pemerintah dari tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten. Serta di kalangan distrik maupun kampung dan masyarakat adat, juga dengan kemitraan-kemitraan lainnya, bebernya.

Kemudian dalam seminar tersebut, juga akan dihasilkan berbagai rekomendasi-rekomendasi untuk pembangunan di Kabupaten Jayapura dalam rangka pembangunan pelestarian masyarakat hukum adat yang meliputi dari berbagai unsur, aspek dan bidang, bebernya.

Melalui seminar ini, pihaknya berharap bisa memberikan wawasan, motivasi dan meningkatkan semangat dari masyarakat adat.

Sekedar diketahui, dalam menyongsong perayaan HUT KMA ke-V Tahun 2018 ini nanti akan dilakukan berbagai agenda seperti pentas seni, atraksi, tarian tradisional dan juga pameran serta berbagai wujud momentum yang akan dilaksanakan pada tanggal 22-23 Oktober 2018 nanti di Lapangan Mandala, Distrik Nimboran. Sedangkan pada puncak peringatan HUT KMA ke-V tanggal 24 Oktober 2018 akan dilaksanakan ibadah pengucapan syukur. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)