Gubernur Lukas Enembe Usulkan Seluruh Anggaran Infrastruktur Otsus Biayai PON XX 2020

0
114
Gubernur Papua, Lukas Enembe bertemu Kepala OPD serta Bupati dan Walikota, saat membicarakan masalah persiapan PON XX 2020 di bumi Cenderawasih, baru-baru ini. (istimiwa / Berti)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Gubernur Papua Lukas Enembe telah mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo agar seluruh anggaran infrastruktur Otonomi Khusus (Otsus), seluruhnya dipergunakan membiayai keperluan pembangunan venus Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020.

Usulan itu, kini tengah dipertimbangkan oleh kepala negara, dengan harapan bisa mendapat keputusan sesegera mungkin, mengingat pelaksanaan PON tingga menyisahkan waktu efektif setahun.

Hal demikian dikemukakan Gubernur Lukas di Jakarta, usai bertemu Presiden Joko Widodo yang didampingi bupati dan walikota 29 kabupaten/kota, pekan kemarin, dalam rilis yang diterima harian ini.

Ia katakan, dalam pertemuan dengan Presiden, pihaknya sudah melaporkan progres atau kemajuan persiapan pembangunan venus PON XX. Dimana sebagian besar telah hampir rampung, diantaranya pembangunan stadion utama PON yang telah mencapai 70 persen.

Pun demikian, Lukas mengaku Provinsi Papua masih membutuhkan anggaran yang besar untuk menyelesaikan pembangunan venus maupun sarana dan prasarana lainnya.

“Makanya kita sekali lagi minta agar dana infrastrukru Otsus yang setiap tahun dikucurkan ke Papua ini fokus untuk PON”.

“Sebab dalam UU kan dana ini tidak bisa dipakai untuk kegiatan lain. Wajib untuk bangun infrastruktur di Papua sebagaimana amanat dalam UU. Tapi lagi-lagi kami minta Presiden perintahkan Menkeu untuk bagaimana supaya dana itu dipakai untuk kepentingan PON. Ini yang menjadi harapan kita,” pungkasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Pusat menyetujui penggunaan dana infrastruktur Otsus 2018, dipergunakan untuk melaksanakan pembangunan venus Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 di bumi cenderawasih.

Kendati demikian, hanya sekitar 35 persen dari total anggaran yang turun pada tahun 2018, dipergunakan untuk membangun venus PON. “Sisanya mesti dialokasikan untuk membangun infrastrukur Papu sesuai amanat UU,” terang Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Papua, Muhammad Musa’ad, di Jayapura. (Berti Pahabol / SE / LintasPapua.com)