Tiga Pelaku Curas dan Pemerkosaan Ditangkap Polisi di Sentani

0
523
Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon, SH., S.IK., MH., M.Si., saat memberikan keterangan terkait kejahatan yang beredar terjadi . (Irfan/HPP)

SENTANI (LINTAS  PAPUA)  –  Ketiga pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas) diamankan ke Mapolres Jayapura usai diringkus Tim Opsnal Cycloop Polres Jayapura. Selain merampas barang korban, dua dari tiga pelaku yakni, BW (21) dan AM (23), juga melakukan pemerkosaan kepada HY (16).

Sedangkan satu pelaku berinisial NT (20) hanya melakukan perampasan dan membawa motor milik korban LN (17) yang merupakan kekasih dari HY (16).

Kedua pelaku baik itu BW (21) dan AM (23) dikenakan Pasal 76D jo Pasal 81 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara dan juga dikenakan Pasal 365 ayat 1 tentang Pencurian dengan Kekerasan dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara. Sedangkan pelaku berinisial NT (20) dikenakan Pasal 365 ayat 1 tentang Pencurian dengan Kekerasan.

Pernyataan ini disampaikan Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si melalui Kasat Reskrim Polres Jayapura,  Iptu Oscar F. Rahadian, S.IK.,  di ruang kerjanya, Kantor Reskrim Polres Jayapura, Jumat (5/10/2018) sore.

Kasat Oscar menjelaskan, para pelaku melakukan tindakan di Kampung Doyo Lama, tepatnya di tempat pembuangan sampah belakang AURI pada tanggal 5 September 2018 lalu.

Pelaku NT (20) diamankan di Jalan Perumahan BTN Polda Doyo Baru, Kabupaten Jayapura pada bulan Oktober 2018.

Selain itu juga diamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor Honda Sonic bernomor polisi DS 5917 JC milik korban.

Dikatakan Kasat Oscar, para pelaku dalam melakukan aksinya mengancam korban LN (17) dan HY (16) yang merupakan sepasang kekasih ini dengan senjata tajam jenis Sangkur, kemudian merampas barang – barang milik kedua korban berupa 1 unit HP merk Belpone, 1 unit HP Samsung J2 dan alat – alat praktek berupa gunting, pinset, alat tensi dan termometer. Setelah itu para pelaku memperkosa HY (16).

Sedangkan LN (17) pacar korban HY (16) yang saat itu bersama dirinya itu berhasil menyelamatkan diri dan lari ke Polres Jayapura.

“Setelah memperkosa korban HY (16), para pelaku juga merampas 1 unit motor Honda Sonic DS 5917 JC,” ujar Kasat Reskrim Iptu Oscar.

Pria yang pernah menjabat sebagai Kapolsek Unurum Guay itu juga menambahkan, setelah pihaknya melakukan penyelidikan selama sebulan, Tim Buser Opsnal Cycloop Satuan Reskrim Polres Jayapura mendapat informasi bahwa motor Honda Sonic milik korban yang dirampas oleh kelima pelaku itu berada di Jalan BTN Polda Doyo Baru, Kabupaten Jayapura.

“Dengan info tersebut, tim langsung merespon dan berhasil melakukan penangkapan terhadap seorang pelaku berinisial NT (20) beserta barang bukti 1 (satu) unit motor Honda Sonic milik korban. Setelah melakukan interogasi terhadap pelaku NT (20), kemudian kami kembali berhasil menangkap 2 (dua) orang pelaku lainnya masinh-masing berinisial BW (21) dan AM (23), sementara 2 orang pelaku lainnya lagi masih buron, namun sudah kami ketahui identitasnya,” imbuh Iptu Oscar F. Rahadian, S.IK.

Para pelaku sempat mengelak melakukan pemerkosaan terhadap korban HY (16). “Sehingga kami kembali menghadirkan korban HY (16), setelah memperlihatkan ketiga pelaku dan diperoleh keterangan dari korban HY, bahwa pelaku pemerkosaan adalah BW (21) dan AM (23). Sedangkan pelaku NT (20) berperan merampas dan membawa motor milik pacar korban HY (16),” tukasnya.

Untuk diketahui ketiga pelaku masing-masing BW (21), AM (23) dan NT (20) saat ini telah ditahan di Rutan Mapolres Jayapura beserta barang bukti 1 unit motor Honda Sonic DS 5917 JC milik korban LN (17). (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here