Mengaku Keluarga Korban Untuk Curi Motor, Berhasil Diringkus Saat Hendak Jual Motor

96
Polisi Sedang Melakukan Razia kelengkapan surat - surat kendaraan. (Humas Polda Papua)

SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Seorang residivis curanmor dan pencurian dalam rumah yang hendak jual motor hasil kejahatannya berhasil diringkus Tim Opsnal Cycloop Polres Jayapura, Kamis (4/10/2018) sore lalu.

Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, S.H., S.IK, M.H., M.Si, melalui Kasat Reskrim Polres Jayapura Iptu Oscar F. Rahadian, S.IK, menjelaskan, lelaki berinisial YW ini masih berusia 21 tahun ini, ditangkap sekitar pukul 15.00 WIT di jalan PLN Sentani, Kabupaten Jayapura.

Penangkapan residivis curanmor tersebut, dibenarkan Kasat Reskrim Polres Jayapura Iptu Oscar F. Rahadian, S.IK, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (5/10/2018) kemarin sore.

Sebelumnya, korban Alpius Wally (21) melapor ke Polsekta Abepura, lantaran motor miliknya jenis Yamaha Vixion bernomor polisi DS 3808 MU hilang usai korban menitipkan kendaraannya di depan warung setelah korban mengalami kecelakaan tunggal di tikungan depan Kantor Otonomi Kotaraja pada Minggu, 16 September 2018 lalu.

Saat korban kembali mendatangi warung tersebut untuk mengambil motornya, namun korban sudah mendapati motornya telah raib di depan warung. Sehingga korban menanyakan perihal motornya yang telah raib itu kepada pemilik warung, dan pemilik warung menyampaikan bahwa motor korban telah diambil oleh dua orang yang mengaku sebagai keluarganya.

Berdasarkan laporan tersebut, tim kami pun melakukan penyelidikan di wilayah Kabupaten Jayapura. Hasil lidik yang dilakukan tim kami membuahkan hasil dan memperoleh informasi bahwa ada oknum masyarakat yang hendak menjual motor jenis Yamaha Vixion seharga Rp 5 juta, ujar Kasat Reskrim Polres Jayapura.

Lanjut Kasat Oscar menjelaskan, dengan informasi tersebut tim memancing pelaku untuk membeli motor itu dan diperoleh kesepakatan bahwa akan melakukan transaksi jual beli di sekitar Jalan PLN Sentani, Kabupaten Jayapura.

Selanjutnya tim kami bertemu dengan pelaku di lokasi transaksi, tepatnya di Jalan PLN Sentani dan langsung melakukan penangkapan beserta barang bukti satu unit (1) motor Yamaha Vixion, jelas pria yang pernah menjabat sebagai Kapolsek Unurum Guay tersebut.

Kasat Oscar menambahkan, berdasarkan keterangan pelaku YW (21) saat di interogasi bahwa motor Yamaha Vixion tersebut dicuri pada bulan September 2018 lalu, di Kotaraja Luar depan Pencucian Motor Tanjakan Skyland Kotaraja, Kota Jayapura.

Saat ini, pelaku dan barang bukti telah diserahkan ke Polsekta Abepura karena laporan polisi kasus curanmor ini dibuat di Polsekta Abepura. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)