Kelomopok Tani Kampung Putali  Gelar Penanaman Perdana Padi Ladang dan Cabai

237
Kepala Dinas bersama Para Petani saat foto bersama. Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Jayapura sebagai salah satu OPD di lingkup Pemkab Jayapura mengemban peranan penting dan juga bertekad untuk mewujudkan visi Bupati dan Wakil Bupati Jayapura, terutama dalam tanaman pangan dan hortikultura itu sendiri, guna mensejahterakan rakyat. (Irfan / HPP)

Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura, Adolof Yoku, S.P, M.M, saat diwawancara dan (foto kedua) Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura, Adolf Yokhu, SP, MM saat penanaman perdana padi ladang dan cabai bersama warga di Dataran Hansambe, Kampung Putali, Distrik Ebungfau, Kamis (4/10/2018) kemarin. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Jayapura sebagai salah satu OPD di lingkup Pemkab Jayapura mengemban peranan penting dan juga bertekad untuk mewujudkan visi Bupati dan Wakil Bupati Jayapura, terutama dalam tanaman pangan dan hortikultura itu sendiri, guna mensejahterakan rakyat.

 

 

Hal ini disampaikan Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura, Adolof Yoku, S.P, M.M, dalam sambutannya pada penanaman perdana padi ladang dan cabai di lahan seluas 15 hektare dari dua kelompok tani (Keltan) yakni, Keltan Emfote dan Keltan Pujho Fa di dataran Hansambe, Kampung Putali, Distrik Ebungfauw, Kabupaten Jayapura, Kamis (4/10/2018) kemarin pagi.

 

 

“Kami di Dinas TPH memang terus bergerak dengan sejumlah program-program unggulan kami guna mensejahterakan rakyat lewat bidang pertanian khususnya tanaman pangan dan hortikultura,” ujarnya.

 

 

Dikatakan Adolof Yoku, dirinya menerangkan, membangun daerah harus di mulai dari kampung. Pertanian merupakan suatu bidang yang perlu mendapat perhatian, terutama dalam menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat. Sehingga salah satu visi Bupati mensejahterakan rakyat itu dapat tercapai.

 

 

Dikatakannya, para petani lokal yang notabene adalah masyarakat asli dari kampung-kampung di Kabupaten Jayapura rata-rata memilki cara bertani yang tradisional, sehingga dari aspek mendapat nilai ekonomis sangat minim bahkan tidak ada.

 

 

Untuk itu, Dinas TPH Kabupaten Jayapura bertekad membangun rakyat lewat sektor pertanian khususnya tanaman pangan dan hortikultura. Di dalamnya, petani-petani lokal dapat di bina untuk bertani secara modern agar hasil dan mutu dari usaha pertanian, baik kuantitas maupun kualitasnya itu bisa menjadi baik dan hasil-hasil pertaniannya mampu di serap di pasar-pasar.

 

 

“Kami berharap kepada dua kelompok tani, baik pengurus maupun anggota kelompok dapat menekuni usaha pertanian padi ladang dan cabai secara rutin dan kontinyu. Supaya kedepan dapat memberikan hasil yang memuaskan, terutama dari hasilnya dapat memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga,” harapnya.

 

 

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala Kampung Putali-Distrik Ebungfau, Ruddy Sokoy atas nama seluruh masyarakat Kampung Putali dan juga atas nama kedua kelompok tani itu menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas TPH dalam memberikan perhatian kepada masyarakat Kampung Putali.

 

 

“Kami rasa program pembangunan di sektor pertanian yang masuk ke kampung ini adalah suatu langkah tepat dari pemerintah. Sebab, warga kami akan di arahkan untuk bertani secara modern dan hasilnya tidak hanya untuk tujuan komsumsi keluarga. Tetapi, lebihnya untuk di pasarkan guna peningkatan ekonomi kami,” paparnya.

 

 

Untuk itu, Ruddy Sokoy mengimbau kepada semua masyarakat Kampung Putali pada umumnya dan khususnya bagi pengurus dan anggota dua kelompok tani tersebut, untuk betul-betul menekuni usaha pertanian dengan baik. Pihaknya juga bertekad untuk menjaga kerjasama yang terbangun baik dengan pemerintah kedepan. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)