Ingin Pemilu Aman Damai, Pemerintah dan Masyarakat Kab.  Jayapura Gelar Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2019

0
51
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, bersama Wakil Bupati Jayapura Giri WIjayantoro dan Unsur Forkompimda saat menandatangani komitmen Pemilu Aman, Damai, Sejuk, Kondusif dan Demokratis diatas kain panjang berwarna putih. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura, Forkompimda dan seluruh elemen masyarakat menggelar Deklarasi Pemilu Aman, Damai, Sejuk, Kondusif dan Demokratis Tahun 2019, kegiatan deklarasi dalam rangka mensukseskan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) tersebut, dipusatkan di Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (1/10/2018) kemarin pagi.

 

Hadir dalam kegiatan itu, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro, Sekda Kabupaten Jayapura Drs. Yerry F. Dien, M.Si, Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, S.H., S.IK, M.H., M.Si, Kabag Sumda Polres Jayapura AKP Mansyur, Kepala BPS Kabupaten Jayapura Jeffrey De Fretes, perwakilan TNI AD, TNI AL, TNI AU, perwakilan Basarnas, tokoh masyarakat dan pelajar.

 

Pemilu yang aman, damai, sejuk, kondusif dan demokratis dalam memilih pemimpin dan wakil rakyat untuk Legislatif di alam Demokrasi Indonesia saat ini merupakan harapan semua pihak, baik Pemerintah Daerah maupun seluruh elemen masyarakat, untuk itu dalam rangka mewujudkan pesta demokrasi itu berjalan seperti yang diinginkan Pemerintah Daerahbeserta seluruh Elemen masyarakt se-Kabupaten Jayapura menggelar Deklarasi Damai.

 

Kegiatan deklarasi dikemas usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila itu, ditandai dengan penandatanganan komitmen yang diawali secara bersama oleh Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro, Sekda Kabupaten Jayapura Drs. Yerry F. Dien, M.Si, Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Makcbon, S.H., Perwakilan TNI dan unsur Forkompimda lainnya.

 

Juga diikuti oleh Kepala OPD di lingkup Pemkab Jayapura dan perwakilan elemen masyarakat serta para pelajar. Sebelumnya pembacaan deklarasi Pemilu Aman, Damai, Sejuk, Kondusif dan Demokratis oleh Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, yang diikuti secara serempak oleh seluruh unsur Forkompimda dan seluruh komponen masyarakat.

 

Kepada wartawa, Bupati Mathius mengapresiasi terselenggaranya kegiatan itu, menurutnya Pemilu yang aman, damai kondusif dan demokratis di Kabupaten Jayapura merupakan harapan semua pihak. Dirinya berharap, Pemilu Pilpres dan Pileg di Kabupaten Jayapura tidak diciderai oleh kecurangan, dan segala bentuk perbuatan yang melanggar aturan baik oleh penyelenggara, peserta maupun simpatisan serta masyarakat pemilih.

 

“Kita berharap penyelenggara Pemilu KPU dan Bawaslu Kabupaten Jayapura dapat bekerja dengan baik mengawal proses Pemilu ini agar berjalan lancar, aman dan damai. Dalam bekerja penyelenggara hendaknya mengacu pada tugas dan fungsinya seperti yang diatur dalam Undang-Undang (UU),” jelas Bupati Mathius. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)