Tiga Putri Papua Dipanggil Perkuat Timnas Rugby Indonesia, Loisa Nero dan Megawati Kainakamu dari Jayapura serta Pelo Jikwa Dari Bali

0
240
Ketiga Putri Papua dipanggi Perkuat Timnas Rugby Indonesia, Loisa Nero dan Megawati Kainakamu dari Jayapura serta Pelo Jikwa Dari Bali

Dua pemain Tim Rugby Papua Loisa Nero dan Megawati Kainakamu saat bergabung dengan pemain timnas putri lainnya, di Stadion Pancasila UGM, Kota Yogyakarta, Minggu (30/9/2018) malam.  (foto : husyen abdillah)

YOGYAKARTA (LINTAS PAPUA) –  Papua patut berbangga  yang tidak saja berhasil tampil sebagai juara putra putri dalam ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rugby 7s U-21 tahun di Yogyakarta, namun keberhasilan itu semakin lengkap setelah dua pemain putrinya, Megawati Kanaikamu dan Loisa Nero dipanggil masuk Timnas Rugby Indonesia.

Dipanggilnya dua pemain putri tersebut diumumkan pada saat upacara penutupan Kejurnas Rugby 7s di Stadion Pancasila Universitas Gajah Mada , Yogyakarta, Mingu (30/9) malam yang dibacakan langsung oleh Ketua Pembinaan Prestasi sekaligus Manager Satlak Timnas Rugby Asian Games dan Asia Tropy 2018, H.R.G Radityo Gambiro.

Dipanggilnya dua pemain putri Loisa Nero dari Club Rugby Manuai Kota Jayapura dan Megawati Kainakamu  dari klub Rugby Hollandia Kota Jayapura  untuk bergabung dengan timnas Indonesia ini terbilang mengejutkan karena tidak ada info bahwa aka ada pemantauan pemain.

Saat diumumkan namanya, Loisa dan Megawati di tengah hiruk pikuk seremoni penutupan Kejurnas , sontak keduanya dan seluruh pemain Papua dan official bergembira dan meneriakkan yel yel ‘ Papua bisa, Papua Juara’.

Manager Satlak Timnas Rugby Indonesia,  H.R.G Radityo Gambiro yang juga didaulat mewakili Ketua Umum PRUI Didik Mukrianto,SH,MH untuk menutup kejurnas mengatakan, dengan penampilan dua pemain putri Papua selama kejurnas begitu baik,  sehingga ia merekomendasikan untuk langsung bergabung dengan pemain timnas rugby Indonesia yang selama ini sudah melakukan training Center yang terpusat di ParangKritis, Yogyakarta.

“Selain Loisa Nero dan Megawati Kainakamu, satu atlet putri lainnya yang juga berasal dari Papua yang membela Tim Rugby Bali yaitu Pelo Jikwa juga dipanggil bersama untuk bergabung dengan timnas. Ketiga pemain diharapkan bisa bergabung dengan pemain lainnya untuk persiapan menghadapi Kejuaraan Asia Tropy di Brunei Darrusallam,”ungkap Duddy.

Dengan dipanggilnya dua pemain dari tim Rugby Papua serta satu pemain asal Papua yang membela Bali sehingga jumlah pemain Papua yang kini menjalani pemusatan latihan berjumlah tujuh pemain. Ketujuh pemain putri tersebut masing masing, kapten Timnas Rugby Lesli Deda, Vero Olua, Ikka Epa, Felisa Kogoya, Loisa Nero, Megawati Kanaikamu dan Pelo Jikwa dari Bali.

Manager Tim Rugby Papua, Fernando Yansen Tinal,BA kepada wartawan, Minggu (30/9/2018) malam di Yogyakarta mengatakan, terpanggilnya dua pemain putri Papua bergabung dengan Timnas Rugby Indonesia semakin melengkapi hasil sempurna yang diraih Papua dalam ajang Kejurnas.

“Saya selaku manager dan Ketua Umum Rugby Papua bangga dan mengucapkan selamat kepada dua pemain yang lama ini langsung diboyong menuju pemusatan latihan. Saya berharap kedua pemain dapat menyesuikan dan tetap sederhan dan tidak merasa hebat dan bisa membawa nama Papua sebagai pemain di Timnas,”katanya.

Yansen menambahkan, dengan dipanggilnya dua pemain putri untuk bergabung dengan timnas dan mempersembahkan juara putra putrid menunjukkan bahwa anak-anak Papua masih lebih baik dibanding dari pemain dari propinsi lain.

“Anak anak Papua masih yang terbaik dibanding pemain dari daerah lain di Indonesia. Semoga ini bisa dipertahankan hingga target PON XX di tahun 2020 nanti bisa mempersembahkan medali emas,”harap Yansen.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua PRUI Kotamadya Jayapura yang juga sebagai Asisten Manager Tim Rugby Papua, DR Adolf Siahay,SE, M.Si, Ak.,  bahwa merasa bangga dan menyampaikan selamat kepada dua pemain yang masuk timnas.

“Saya sampaikan selamat atas dipanggilnya dua pemain putri yang keduanya merupakan pemain dari Kotamadya Jayapura.Saya bangga karena dua anak didik kami masuk dalam jajaran pemain timnas, semoga ini sebagai motivasi untuk pemain lainnya untuk bisa berprestasi,”pesan Adolf.

Loisa Nero salah satu pemain yang dipanggil bergabung dengan timnas mengaku bangga dan siap berlatih secara sungguh-sungguh dan mengharumkan nama Papua.

“Saya terus terang bangga karena akhirnya bisa bergabung bersama rekan rekan lainnya dari Papua. Terima kasih kepada seluruh pelatih dan official yang sudah membimbing dan membina saya sehingga apa yang menjadi cita cita saya bergabung dengan timnas bisa terwujud,”ungkap Loisa. (Humas PRUI Ruby Papua)

Pemain Putri Papua Di Timnas :

  1. Lesli Deda (Kapten Timnas) Tim Rugby Hollandia (Kota Jayapura)
  2. Vero Olua – Tim Rugby Manuai (Kota Jayapura)
  3. Ikka Epa – Tim Rugby Kenambai Umbay (Kabupaten Jayapura)
  4. Felisa Kogoya – Tim Rugby Black Arrow (Kabupaten Mimika)
  5. Loisa Nero – Tim Rugby Manuai (Kota Jayapura)
  6. Megawaty Kanaikamu – Tim Rugby Hollandia (Kota Jayapura)
  7. Pelo Jikwa – (Provinsi Bali)