Lestarikan Budaya Lokal, Wali Kota BTM Resmikan Para Para Adat Kampung Kayu Batu

0
61
Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM., Menari Menabuh Tifa Bersama Warga Kampung Kayu Batu Dalam Peresmian Para Para Adat. (Foto Humas Setda Kota Jayapura)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Wali kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM meresmikan rumah Ondoafi dan Parapara Adat Kampung Kayu Batu, selasa 25 september 2018.

Peresmian ditandai dengan mengetuk karambu serta membuka pintu rumah ondoafi, di iringi nyanyian, tarian dan bunyi tifa dari masyarakat adat kampung kayu batu sebagai tanda suka cita dengan rumah dan parapara adat yang telah dibuat.

Wali kota mengatakan, terima kasih atas partisipasi Kampung Kayu Bayu yang selalu aktif pada ivent besar. Dengan keterlibatan seluruh masyarakat dari anak-anak hingga dewasa mahir menari menggunakan tifa.

WALI KOTA JAYAPURA BERSAMA TOKOH ADAT KAMPUNG KAYU BATU MERESMIKAN PARA PARA ADAT TEMPAT MENARI WARGA KAMPUNG KAYU BATU

“Regenerasi selalu ada di dalam sanggar tarian. Ini sesuai dengan visi dan misi Pemkot yaitu mewujudkan kota Jayapura yang berbudaya dalam menghargai nilai lokal yang berperi kemanusiaan dan berperikeadilan,”ucap pemimpin nomor 1 kota Jayapura

Dia mengharapkan,  dengan tradisi ini seluru kekayaan budaya adat istiadat kampung kayu batu dijaga dan dilestarikan secara turun temurun sehingga menjadi kekayaan kota Jayapura.

“Mempertahankan kampung tidak boleh hilang, tarian khas tidak boleh hilang, bahasa khas, makanan khas, semua itu dijaga dan dilestarikan juga pakaian adat tidak boleh hilang maka kita pertahankan kampung di dalam kota,”cetus Wali Kota putra asli Port Numbay ini.

SAMBUTAN WALI KOTA MERESMIKAN PARA PARA ADAT KAMPUNG KAYU BATU

Ia juga menjelaskan, kerja nyata yang telah dilakukan sejak periode pertama, telah melestarikan budaya ciri khas portnumbay dengan membangun rumah kepala-kepala suku.

“Saya programkan sejak periode pertama untuk membangun rumah khas portnumbay yang hingga sekarang sebanyak 115 rumah, rumah ondoafi, rumah dan para para adat keondoafian,”tambahnya.

Ondoafi Kayu Batu Adolf Makanuay menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Jayapura telah menghibahkan para para adat.

“Terima kasih karena telah menghapus kesedihan anak-anak adat, kita rindu para para adat dan hari ini sudah terwujud,”tambahnya. (Humas Setda Kota Jayapura)