Bravo Rugby Papua : Tim Putra Putri Papua Tampil Juara di Ajang Kejurnas Rugby U-21

224
Tim Putra Putri Rugby Papua foto bersama setelah keduanya tampik sebagai juara di ajang Kejurnas Rugby U-21 di Yogyakarta, Minggu (30/9/2018). (Foto Humas Rugby Papua)

Caption Foto : Tim Putra Putri Rugby Papua foto bersama setelah keduanya tampil sebagai juara di ajang Kejurnas Rugby U-21 di Yogyakarta, Minggu (30/9/2018). (Humas PRUI Rugby Papua)

JOGYAKARTA (LINTAS PAPUA) –  Tampil memukai sejak awal babak penyisihan group hingga babak semifinal, tim putra dan putri Papua akhirnya tampil sebagai juara dalam ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rugby 7s U-21 yang berlangsung selama dua hari sejak 29 hingga 30 September 2018 di Provinsi Yogyakarta.

Tim Rugby Putra maupun putri Papua sebelum tampil di Final keduanya lolos sebagai juara group dengan meraih poin sempurna dan keduanya tak terkalahkan. Tim Rugby Putra pada babak semifinal mampu mengalahkan Tim Rugby DKI Jakarta dengan skor 17-12 ,sementara tim putrid dibabak semifinal mengalahkan Tim Bali dengan skor telak 36-0.

Caption Foto : Rutinitas selama pertandingan berlangsung dan semangat tim Rugby Papua, baik tim putri dan putra yang dipimpin oleh Kaka Pelatih, George Deda, selama mengikuti Kejuaraan Nasional Rugby Usia 21 tahun di Jogyakarta.

Dipartai puncak final, Tim Putri Papua mampu mengalahkan tuan rumah Yogyakarta dengan skor 29-7 , sementara tim putra juga mampu mengalahkan tuan rumah Yogyakarta dengan 29-12. Dengan kemenangan atas tuan rumah Yogyakarta, tim putra putri Papua akhirnya memboyong torpy Kejurnas rugby U-21 tahun 2018, sementar tuan rumah Yogyakarta harus puas di urutan kedua.

Sementara untuk juara tiga diraih tim putri DKI Jakarta mampu mengalahkan Tim Rugby Putri Bali dengan skor 12-10, sementara di bagian Putra urutan ketiga berhasil diraih tim Putra Jawa Barat mengalahkan DKI Jakarta dengan skor 24-17.

Manager Tim Rugby Putra dan Putri Papua, Fernando Yansen Tinal,  kepada wartawan usai timnya tampil sebagai juara mengaku, bangga dan terharu atas prestasi yang telah diraih tim putra dan putri.

“Ini adalah prestasi yang sangat luar biasa yang dicapai anak-anak dalam ajang Kejurnas ini. Saya tidak bisa berkata kata lagi, ini adalah prestasi yang luar biasa dan sangat membanggakan bagi kami seluruh Papua. Hari ini  sejarah telah diukir oleh tim rugby Papua dan menyampaikan terima kasih kepada semua pemain, mereka tampil sangat sempurna,”ungkap Yansen di Stadion Pancasila Yogyakarta.

Ia mengakui walaupun persiapannya hanya seminggu namun mampu mempersembahkan juara adalah sesuatu yang sangat membanggakan.

“Juara ini adalah untuk seluruh masyarakat Papua. Dengan prestasi yang sudah dibuat oleh anak-anak membuktikan bahwa olahraga rugby sudah menyatu dengan anak-anak Papua dan kedepan semoga rugby bisa mempersembahkan medali emas pada PON XX tahun 2020 mendatang,”katanya.

Sementara itu,  Asisten Manager , DR Adolf Siahay, SE, M.SI,Ak menyampaikan,  terima kasih kepada seluruh pemain, ofisial tim yang telah mempersembahkan juara bagi Papua.

Caption Foto : Rutinitas selama pertandingan berlangsung dan semangat tim Rugby Papua, baik tim putri dan putra yang dipimpin oleh Kaka Pelatih, George Deda, selama mengikuti Kejuaraan Nasional Rugby Usia 21 tahun di Jogyakarta. (Humas PRUI Rugby Papua)

“Saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh pihak  yang sudah mendukung sehingga Papua bisa mengikuti ajang Kejurnas. Baik Pengprov, Pemerintah Kotya  Jayapura, KONI Papua termasuk PT Freeport Indonesia,”ungkapnya.

Selain tampil sebagai juara dalam ajang Kejurnas U-21, Papua juga berbangga karena dari hasil ajang Kejurnas U-21 tahun  Tim Nasional Rugby Indonesia memanggil dua pemain putri untuk langsung bergabung dengan Timnas Putri Rugby Indonesia yang saat ini sedang menjalani TC, yaitu Megawati dan Luisa Nero. Kedua pemain tersebut langsung diumumkan pada upacara penutupan dan langsung dibawah oleh pelatih Timnas ke pemusatan latihan di Padangkritis Jogjakarta. (Humas Rugby Papua)