JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Audiensi Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Kota Jayapura dengan Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM menyatakan kesiapannya mendukung pembangunan di Kota Jayapura.

“Pemerintah memiliki masyarakat dan pendeta memiliki jemaat yang merupakan bagian dari masyarakat luas, mari gembalakan mereka. Mari fokus pada masalah sosial, kaum marginal, masalah ekonomi kerakyatan, narkoba, miras, mari lakukan perubahan dan berdoa,” katanya pada audiensi API Kota Jayapura di Ruang Rapat Wali Kota Jayapura, Selasa 24 September 2018.

Ketua API Kota Jayapura,  Pdt Jerry Rahakbauw, S.Th mengatakan bahwa pendeta harus menjadi bagian dari ujung motto pembangunan Kota Jayapura yakni “untuk kemuliaan nama Tuhan”.

“Pendeta harus hadir di tengah-tengah masyarakat bersama pemerintah dalam menjaga kota ini aman, nyaman dan tenteram. Kami sepakat pada Januari 2019 akan diadakan rapat kerja untuk membuat program yang tidak hanya pelayanan jemaat melainkan bersinergi dengan pemerintah,” katanya.

SALAH SEORANG PENDETA API KOTA JAYAPURA MENYAMPAIKAN ASPIRASI

Wali Kota berharap API Kota Jayapura sesuai konotasinya mampu menyalakan api kemuliaan Tuhan melalui para pendoa. Ia meminta kepada para pengurus dan anggota API Kota Jayapura untuk mendukung program pemerintah seperti tertib administrasi kependudukan E-KTP. Pendataan kependudukan dewasa ini merupakan urgensi yang sangat perlu dituntaskan, tertib administrasi bisa disisipkan di warta jemaat di masing-masing gereja.

Dalam kesempatan itu, ketua API Kota Jayapura menyinggung perihal polemik miras yang marak terjadi di masyarakat. Harus ada pengendalian dan pengawasan, serta penyusutan penjualan miras dan status legalitas penjual miras, mengatur batas usia dan batas waktu tertentu penjualan miras. Hal tersebut guna meminimalisir penjualan dan konsumsi miras secara ilegal oleh oknum yang tak bertanggung jawab. “Kami serius menjadi bagian yang tak terpisahkan dari program Pemerintah Kota Jayapura,” katanya.

WALI KOTA JAYAPURA DR BENHUR TOMI MANO, MM BERSAMA PENGURUS DAN ANGGOTA ASOSIASI PENDETA INDONESIA (API) KOTA JAYAPURA

API Kota Jayapura meliputi beberapa bidang antara lain, bidang SDM, Bidang Hukum dan Advokasi, Bidang Kemitraan dan Humas, Bidang Analisis dan Pengkajian, Bidang Pastoral dan Konseling,dan Bidang Ekonomi dan Keuangan. Kemudian, Wali Kota akan memberi apresiasi terbentuknuya API Kota Jayapura dengan menganggarkan dana hibah untuk AD/ART organisasi API Kota Jayapura. Tidak hanya itu, Wali Kota juga akan berkoordinasi dengan BPN Kota Jayapura untuk memberikan sertifikat tanah gratis bagi gereja-gereja dari berbagai denominasi di Kota Jayapura. (Humas Setda Kota Jayapura)