Kota Jayapura Semakin Maju Setara Dengan Kota Besar Lainnya

0
1150
KOTA JAYAPURA, TAMPAK KANTOR DPR PAPUA SERTA KEINDAHAN KOTA JAYAPURA. (Eveerth Joumilena / www.lintaspapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Jayapura sosialisasikan Aplikasi Pendataan Penduduk Non Permanen “E-Waniambey” dan Format Baru Kartu Keluarga, serta Akta Kelahiran Online Bagi Aparat Distrik, Kelurahan / Kmapung, Ketua RW dan Ketua Asrama se-Kota Jayapura.

Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM., menilai Kota Jayapura semakin berkembang dan setara dengan kota besar lain di Indonesia. “Kota Jayapura sekarang levelnya sama dengan kota besar di Indonesia, kita sudah setara dengan Bandung, Surabaya, Bali (Denpasar), serta Tangerang Selatan, kemajuan sudah sangat luar biasa,” katanya membuka Sosialisasi E-Waniambey Dispendukcapil Kota Jayapura di Aula Sian Sioor Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu 6 September 2018.

Sebagaimana diketahui bahwa Dispendukcapil memiliki sejumlah inovasi yang telah dilaunching dalam beberapa kesempatan. Aplikasi E-Waniambey merupakan sistem yang digunakan bagi penduduk sementara baik yang bersekolah atua keperluan bisnis di Kota Jayapura. Waniambey sendiri memiliki arti Selamat / Sejahtera / Bahagia.

Dalam sosialisasi akan dijelaskan format baru tentang Kartu Keluarga, Wali Kota berharap para RW bisa bertanya banyak soal E-Waniambye dan format baru Kartu Keluarga, karena yang berhadapan dengan warga adalah RW di wilayah masing-masing.

 

Pada kesempatan itu, Wali Kota meminta kepada seluruh RT / RW, Kepala Kelurahan / Kampung dan Kepala Distrik, untuk melakukan pendataan penduduk dengan baik, guna membatasi pergerakan orang yang berpotensi membuat kekacauan dan menebar teror untuk kota ini.

Data penduduk Kota Jayapura saat ini sebanyak 418.518 jiwa yang tersebar di 5 distrik, 25 kelurahan, 14 kampung, dan 1023 RT / RW, di luar penduduk yang belum terdata.

Sosialisasi tersebut dimaksudkan untuk tercapainya pemahaman yang sama terhadap penyelenggaraan administrasi kependudukan di Kota Jayapura, serta terciptanya kesadaran masyarakat akan pentingnya dokumen kependudukan. Dengan sasaran sosialisasi agar aparat terkait dapat memahami format baru pendataan kependudukan dan informasi aturan yang jelas.

Wali Kota berterima kasih kepada seluruh ketua RT / RW yang membantu tugas kepala daerah sebagai aparatur yang paling dekat dengan masyarakat. Dengan melakukan tanggung jawab, melaksanakan tugas pemerintahan dan pembangunan dan pembinaan masyarakat di wilayah kerjanya masing-masing.

Ia juga berterima kasih atas partisipasi RT / RW dalam mensukseskan Pilkada Wali Kota dan Pilkada Gubernur yang baru saja dilalui.

Akan tetapi, menjadi tugas besar para aparat RT / RW, Kelurahan / Kampung dan Distrik untuk meningkatkan jumlah partisipasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) karena dinilai masih rendah.

“Tingkat partisipasi pemilih masih rendah di bawah 50%, kepada para RW, Lurah, Distrik harus melihat akar masalah mengapa masyarakat sangat minim untuk datang ke TPS,” katanya.

Wali Kota melihat masyarakat Kota Jayapura adalah orang cerdas sangat disayangkan tingkat DPT maish rendah. Ia berharap pada pemilu tahun 2019 baik pemilihan presiden dan legislatif agar kepedulian dalam memilih semakin meingkat. Harapannya di Kota Jayapura mampu mencapai 99% DPT. (Humas Setda Kota Jayapura)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here