HUT ke – 57 Gerakan Pramuka Sebagai Perekat NKRI

0
331
Ilustrasi Ketua Gerakan Pramuka Kwarda Papua Kak Kristhin L Mano saat memasang tanda peserta kepada perwakilan anggota pramuka dalam Pesta Siaga. (Lala/HPP)

WALI KOTA JAYAPURA DR BENHUR TOMI MANO, MM BERSAMA ANGGOTA PRAMUKA DARI LIMA RANTING DI KWARCAB KOTA JAYAPURA

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Memperingati HUT ke-57 Gerakan Pramuka Indonesia, Krawtir Cabang Kota Jayapura gelar apel besar seluruh ranting di lima distrik. Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM selaku Pembina Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Jayapura melalui sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Dr Adhyakasa Dault, SH, MSi, menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka merupakan rumah kita bersama.

“Itulah harapan bangsa ini kepada Gerakan Pramuka, sekat-sekat yang telah diisi oleh partai politik, oleh suku-suku di Indonesia, serta golongan atau kelompok lainnya. Untuk itulah HUT ke-57 Gerakan Pramuka mengangkat tema ‘Pramuka Perekat NKRI’,” katanya pada apel HUT ke-57 Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Jayapura di Aula Sian Sioor, Kamis 30 Agustus 2018.

SALAH SATU ATRAKSI ANGGOTA PRAMUKA PADA HUT KE-57 GERAKAN PRAMUKA DI AULA SIAN SIOOR

Tema tersebut menegaskan bahwa Gerakan Pramuka tetan konsisten dan fokus untuk mendidik karakter kaum muda Indonesia. Untuk bersatu padu menjaga keutuhan NKRI serta persatuan dan kesatuan. Usia 57 tahun Gerakan Pramuka Indonesia menjadi golden age sebagai wujud memberikan kontribusi nyata dalam menghasilkan calon pemimpin bangsa Indonesia.

Bertepatan dengan itu, di tahun politik ini di mana pemilihan kepala daerah seperti gubernur dan bupati / wali kota, serta menyusul pemilihan legislatif dan pemilihan presiden, peran pramuka sebagai perekat NKRI tentu akan berat. Ketua Kwarnas berharap anggota pramuka di seluruh jenjang mampu memberikan kesejukan dan tidak terlibat dalam berpolitik praktis. Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan luar sekolah untuk menjaga jarak dengan kegiatna politik praktis.

 

WALI KOTA JAYAPURA, DR. BENHUR TOMI MANO, MM BERSAMA KETUA GERAKAN PRAMUKA KWARDA PAPUA, KHRISTINA L MANO, SIP, MAP PASCA APEL HUT KE-57 GERAKAN PRAMUKA

“Saya berharap seluruh jajaran pramuka terkhusus anggota dewasa baik sebagai majelis pembimbing, andalan, pelatih, pembina, pamong saka dan instruktur agar merapatkan barisan untuk bersinergi guna mewujudkan kaum muda Indonesia yang berkepribadian luhur, berkarakter, kerwatak, handal dalam berpikir dan bertindak,” katanya.

Apel besar yang dilaksanakan pukul 08.00 WIT yang semula akan diadakan di lapangan apel Kantor Wali Kota Jayapura harus terkendala hujan. Meski demikian, para anggota pramuka tetap melangsungkan apel di aula Sian Sioor Kantor Wali Kota. Hut KE-57 Gerakan Pramuka Indonesia Kwarcab Kota Jayapura dihadiri oleh Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM, Wakil Wali Kota Jayapura Ir H Rustan Saru, MM, Ketua Kwartir Daerah Papua Khristina L Mano, SIP, MAP, Ketua Kwartir Cabang Kota Jayapura Jacobus Itaar, SSos, Kapolresta Jayapura AKBP Gustav R Urbinas, SH, SIK, serta sejumlah pelatih, pembina, pamong, instrktur, mitra Gerakan Pramuka dan seluruh anggota pramuka di Kota Jayapura. HUT ke-57 Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Jayapura juga diisi dengan aksi donor darah oleh PMI Kota Jayapura yang berlangsung pasca apel besar hingga siang hari. (Humas Setda Kota Jayapura / Paulus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here