Eksekusi Lahan Terminal Tipe A Entrop di Kota Jayapura

0
21

Caption Foto : Wakil Wali Kota Jayapura,  Ir.  H.  Rustan Saru, MM.,  Bersama Warga Terdampak Pembangunan Terminal Tipe A Entrop Meninjau Patok Batas Lahan Terminal Dan Rumah Warga (Foto: Anderson Loupatty/Humas)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Wakil Wali Kota Jayapura Ir H Rustan Saru, MM bersama Plt Kadishub Kota Jayapura Sefnath Kambuaya, SSos, MSi dan personel Dishub dan Satpol PP, melakukan peninjauan rumah terdampak pembangunan terminal tipe A Entrop.

“Tim dari Kementrian Perhubungan dan Dinas PUPR telah melakukan pendataan yang berlangsung dua tahap, pada tahap pertama terdata 31 rumah di sebelah barat terminal, sebelah selatan dilakukan pada tahap kedua, dilakukan pemetaan untuk pemberian kompensasi,” katanya meninjau lahan pembangunan Terminal Tipe A Entrop, Jumat 31 Agustus 2018.

Warga terdampak pembangunan terminal telah melakukan pertemuan dengan Pemerintah Kota Jayapura melalui  Wakil Wali Kota bersama Kementrian Perhubungan, Kepala Dinas Perhubungan Kota Jayapura, Satpol PP, Dinas PUPR, BPN Kota Jayapura, RT/RW dan Kelurahan setempat beberapa waktu lalu. Pertemuan tersebut menghasilkan tiga kesepakatan atau konsensus bersama.

Pertama, rumah warga di atas lahan pembangunan terminal tipe A Entrop akan ditertibkan dan dibongkar sendiri hingga waktu yang ditentukan paling lambat tanggal 4 September 2018.

Kedua, Pemerintah Kota Jayapura membantu warga dengan melebarkan satu meter jalan untuk dilewati warga di bagian barat pondasi terminal. Ketiga, Pemerintah Kota Jayapura memberikan perhatian sebagai wujud kompensasi atas dibongkarnya rumah warga.

“Nilai kompensasi terhadap rumah terdampat yang telah didata masih dalam proses pembahasan,” katanya.

Caption Foto : Wakil Wali Kota Jayapura,  Ir.  H.  Rustan Saru, MM.,  Bersama Warga Terdampak Pembangunan Terminal Tipe A Entrop Meninjau Patok Batas Lahan Terminal Dan Rumah Warga (Foto: Anderson Loupatty/Humas)

Sementara itu, Ketua RW 12 Entrop H Daeng Jafar berpendapat bahwa pemerintah harus memberi keadilan bagi seluruh warga terdampak melalui kompensasi. “Baru warga di depan yang terdata, saya harap warga di selatan ini yang banyak terdampak juga mendapat kompensasi agar tidak terjadi ketidakadilan dan iri terhadap mereka yang menerima,” katanya.

Caption Foto : Wakil Wali Kota Jayapura,  Ir.  H.  Rustan Saru, MM.,  saat diwawancara (Foto: Anderson Loupatty/Humas)

Terkait peninjauan tersebut, Wakil Wali Kota merasa ada langkah positif di mana warga bersikap kooperatif selama proses pembongkaran mandiri yang dilakukan warga terdampak.

“Ini merupakan langkah yang baik dan positif agar di tahun 2019 dapat berdiri terminal yang megah dan yang representatif berskala internasional, yang menjadi ikon kota jayapura,” kata Wakil Wali Kota. (Humas Setda Kota Jayapura /Paulus)