Bupati Mathius Awoitauw : Penerimaan CPNS di Kabupaten Jayapura Prioritaskan OAP

0
151
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E, M.Si., saat diwawancara. (Irfan/HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E, M.Si menegaskan bahwa penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 ini yang akan dilakukan dalam waktu dekat di Kabupaten Jayapura ini, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Jayapura akan memprioritaskan penerimaan CPNS tersebut bagi Orang Asli Papua (OAP).

Penegasan ini disampaikan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E, M.Si kepada wartawan usai melalukan peninjauan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Jayapura, khususnya masyarakat di Distrik Sentani Timur, yang berada di Puskesmas Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kamis (27/9/2018) kemarin pagi.

“Kami tidak bermaksud menciptakan diskriminasi dalam hal penerimaan CPNS. Tetapi, memang kesempatan harus di sediakan bagi OAP, terutama anak-anak asli Kabupaten Jayapura yang kini sedang mencari lapangan pekerjaan,” tegasnya.

Bupati dua periode ini mengakui, bahwa sampai dengan saat ini, para pencari kerja OAP jumlahnya masih sangat banyak. Jenis pekerjaan yang paling dimintai adalah menjadi pegawai, walaupun pegawai bukan satu-satunya sumber pekerjaan. Hal ini disebabkan oleh kurang adanya ketersediaan lapangan pekerjaan yang dapat menyerap tenaga kerja.

Menurut Mathius, Kabupaten Jayapura tidak miliki kawasan industri dan Kabupaten Jayapura juga tidak mempunyai perusahaan-perusahaan besar, sehingga para pencari kerja tidak mampu terserap. Dampaknya, penerimaan CPNS menjadi tujuan dalam mencari pekerjaan.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Jayapura telah membiayai anak-anak asli Kabupaten Jayapura mengenyam pendidikan di luar Papua. Pemerintah daerah juga telah membangun sarana-sarana pendidikan, yang mana telah melahirkan banyak anak asli Kabupaten Jayapura yang handal dalam membangun daerah melalui profesi ASN.

“Anak-anak asli Kabupaten Jayapura kita akan prioritaskan dalam proses penerimaan CPNS mendatang. Kami tentu akan mengawasi semua tahapan dan akan berusaha menghindari dari praktek-prakter penerimaan yang tidak memihak OAP Kabupaten Jayapura,” tegasnya.

Disinggung mengenai waktu penerimaan CPNS, Bupati Mathius menjelaskan, waktu penerimaan belum dipastikan, karena pihaknya bersama Gubernur Papua dan Bupati/Walikota se-Papua akan menemui Presiden Republik Indonesia, guna menyampaikan beberapa hal yang menjadi tuntutan masyarakat.

“Nah usai dari pertemuan itu, lalu perkembangannya seperti apa akan kami sampaikan kemudian mengenai jadwal dan syarat-syarat penerimaan CPNS tahun 2018 untuk Kabupaten Jayapura,” tukasnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)