Ringkasan Kegiatan PPM Uncen di Arso : Pengembangan Usaha Ekonomi Produktif Sirup Jeruk Arso Unggulan Kabupaten Keerom 

0
37

PKM Kelompok Tani Jeruk Kenanga Arso V di Desa Wiyantri Kecamatan Skanto Kabupaten Keerom Propinsi Papua : Pengembangan Usaha Ekonomi Produktif Sirup Jeruk Arso Unggulan Kabupaten Keerom , dilaksanakan pada 13 September 2018.

Oleh : Agnes Eri Maryuni, Johnson Siallagan, Alowisya Futwembun

Penduduk Desa Wiyantri, sebagian besar, memiliki mata pencaharian sebagai petani jeruk. Jeruk daerah tersebut terkenal akan rasa yang manis dan ukuran yang besar. Dalam setahun para petani mengalami panen raya sebanyak dua kali.

Setiap masa panen raya, harga jeruk sangat jatuh hingga hanya mencapai Rp. 1750,- sampai Rp. 2500,- saja. Kerugian dialami petani jeruk karena pendapatan dari hasil panen tidak seimbang dengan biaya penanaman, perawatan dan biaya panen.

Masalah kedua, pengepul tidak mampu menampung semua hasil panen sehingga sebagian besar jeruk tidak terjual dan terbuang begitu saja. Pengolahan Sari buah jeruk menjadi sirup jeruk merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah.

Kegiatan pengabdian ini akan dilaksanakan selama 6 bulan. Kegiatan dilaksanakan di desa Wiyantri dengan melibatkan anggota Kelompok Tani Jeruk Kenanga.

Adapun metode pengabdian yang akan digunakan adalah metode ceramah dan demonstrasi. Dalam kegiatan ini, selain akan dikenalkan teknik pembuatan sirup jeruk yang higienis, juga akan dikenalkan teknologi tepat guna mesin ekstraktor sari buah jeruk.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomi buah jeruk yang semula banyak terbuang. Selain itu, kegiatan tersebut juga dapat menyiapkan para petani jeruk menjadi wirausahawan baru dan membuka lapangan pekerjaan serta menjadikan sirup buah jeruk sebagai salah satu produk unggulan di Kabupaten Keerom. (***)