Wantannas Sampaikan Program Percepatan Pembangunan di Tanah Papua

0
362
Sekjen Dewan Pertahanan Nasional (Wantannas) Doni Monardo, didampingi Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Setda Papua, Noak Kapisa, ketika membahas persiapan ketahanan pangan di Papua di Sasana Karya, Kantor Gubernur Papua, Dok II, Jayapura, Senin (24/9). (Berti Pahabol)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) — Dewan Pertahanan Nasional (Wantannas) menyampaikan sejumlah program yang terkait dengan Inpres  Nomor  9 Tahun 2017 tentang percepatan pembangunan kesejahteraan di Tanah Papua, yang meliputi Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Demikian diutarakan Sekjen  Wantannas  Doni Monardo, didampingi  Sekda Papua TEA Hery Dosinaen dan Asisten II  Bidang Perekonomian dan  Kesejahteraan Sekda Papua Noak Kapisa di Sasana Karya, Kantor  Gubernur Papua, Dok II, Jayapura, Senin (24/9).

Turut  hadir dalam kegiatan ini, Kementerian terkait dan sejumlah perusahaan makanan. Mereka melakukan kunjungan kerja ke Papua dan Papua Barat 24-27 September 2018.

Monardo  mengatakan, ada juga  program yang dibawah Kemenpolhukam Desk Papua yakni  Holistik Papua.

“Sehingga  demikian,  kami mencoba untuk menyusun sebuah  format, karena selama ini Wantannas itu lebih memberikan kajian dalam  bentuk tulisan,” ujarnya.

Sementara itu, Sekda mengatakan,  pihaknya  mengapresasi  Wantannas,  yang  begitu perhatian terhadap di Indonesia Timur, khususnya Maluku dan Papua.

Dikatakannya, kunjungan kerja Wantannas ini penting, untuk bagaimana pengembangan potensi alam di  Tanah Papua, dimana  endingnya adalah pada ketahanan nasional.

Menurut Sekda, Papua 28 Kabupaten dan 1 Kota dan  2  topografi  yang agak berbeda daerah gunung dan daerah pantai. Daerah pantai dengan  potensi alam yakni  sagu yang luas. Sedangkan daerah pegunungan merupakan produsen petatas (umbi-umbian) dan kopi, yang  merupakan produksi masyarakat.

“Ada dua sumber makanan ini  merupakan makanan  pokok masyarakat pantai yakni sagu dan masyarakat gunung petatas dan kopi,” terang Sekda. (Berti Pahabol / LintasPapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here