SENTANI (LINTAS PAPUA) –  Dalam rangka memelihara dan menghijaukan lahan kritis, yang bukan saja menjadi tanggung jawab pemerintah semata. Tetapi, juga menjadi tanggungjawab semu pihak. Baik itu, masyarakat umum, pihak swasta serta organisasi-organisasi kemasyarakatan lainnya.

Maka itu, Lembaga Missi Reclasseering-Republik Indonesia (LMR-RI) Komando Wilayah (Komwil) Papua lakukan aksi peduli lingkungan dengan menanam ribuan pohon di lahan kritis baik yang berada di belakang Kantor Kampung Nendali hingga halaman Kantor Kampung Nendali, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Sabtu (22/9/2018) pagi pekan kemarin.

Kegiatan sosial yang dilakukan oleh LMR-RI ini sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan, yang memang aktif dengan karya-karya nyatanya di tengah-tengah masyarakat mengambil tanggung jawab itu dengan menanam ribuan pohon tersebut.

Kegiatan sosial dari LMR-RI ini disambut masyarakat setempat dengan antusias. Pasalnya, penanaman berbagai jenis ribuan pohon adalah keinginan LMR-RI yang juga sebagai lembaga pemulihan masyarakat ini adalah keinginan LMR-RI untuk mewujudkan lingkungan yang sehat dan hijau.

Acar penanaman bibit pohon ini dipimpin langsung oleh Komandan LMR-RI Komando Wilayah (Komwil) Provinsi Papua, Imam Syafe’i, S.E., dengan melibatkan ratusan anggota LMR-RI di lahan kritis yang terdapat di belakang maupun sekitar halaman Kantor Kampung Nendali, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Kepada sejumlah awak media baik cetak maupun elektronik, Komandan LMR-RI Komwil Papua, Imam Syafi’i, S.E, menjelaskan, penenaman pohon yang dilakukan oleh pihaknya itu sebagai bentuk tanggung jawab menjaga lingkungan hijau di Papua.

“Kami terus melakukan karya nyata di masyarkat dengan berbagai kegiatan dalam upaya menterjemahkan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua. Selain itu juga, sebagai bentuk dukungan kami LMR-RI terhadap langkah perrlindungan kawasan konservasi Cagar Alam Cycloop (CAC) oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura,” terang Komandan Imam.

Menurut Imam, penanaman pohon yang dilakukan di Kampung Nendali bersama warga ini menandakan bahwa LMR-RI adalah wadah yang lahir dari rakyat dan akan berjuang serta berkarya bersama rakyat untuk mengisi pembangunan di Papua.

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Kampung Nendali Distrik Sentani Timur, Wempi Wally mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi yang tinggi kepada LMR-RI Papua yang telah memilih kampung yang dipimpinnya untuk dilakukan program penghijauan.

“Kedepan kami akan menjaga serta merawat ribuan pohon yang telah ditanam oleh LMR-RI. Sebab, pohon yang ditanam jika kelak tumbuh secara baik, maka dampaknya akan di rasakan oleh kami. Sebab itu, kami berkewajiban menjaganya,” tegasnya.

Wempi Wally menyebutkan, karya nyata dari LMR-RI di Kaampung Nendali telah dilakuka beberapa kami dengan kegiatan yang berbeda. Hal ini menandahkan bahwa pihaknya bersama LMR-RI Papua telah terjadin kerjasama yang baik dan  menguntungkan.

Dirinya menambahkan, LMR-RI kedepan boleh meningkatkan karya nyata serupa bukan hanya di Kampung Nendali tetapi juga di kampung-kampung lain lain di Kabupaten Jayapura. Dengan demikian, LMR-RI semakin eksis dan dicintai masyarakat. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

Terkirim dari Samsung Mobile.