Kapolres Jayapura Terima Penghargaan dari Kemenpan RB : Inovasi Pelayanan Publik RM Papeda Masuk Top 99

0
352
Pemberian penghargaan ini diserahkan langsung oleh Drs. Syafruddin, M.Si selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPANRB) kepada Kapolres Jayapura  AKBP Victor Dean Mackbon, SH, S.IK, MH, M.Si, dan satu anggota Bhabinkamtibmas Polsek Sentani Kota, Bripka Engel Mayor sebagai salah satu perintis "RM Papeda". (Irfan / ISTIMEWA)

SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Kerja keras dan kesabaran Polres Jayapura selama ini akhirnya membuahkan hasil. Program unggulan “RM Papeda” (Rumah Masyarakat Papua Penuh Damai) yang masuk dalam nominasi Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2018, mendapatkan Penghargaan dari Kemenpan RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), Rabu (19/9) malam lalu bertempat di Ball Room Hotel Shangri La Surabaya, Jawa Timur.

 

Pemberian penghargaan ini diserahkan langsung oleh Drs. Syafruddin, M.Si selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPANRB) kepada Kapolres Jayapura  AKBP Victor Dean Mackbon, SH, S.IK, MH, M.Si, dan satu anggota Bhabinkamtibmas Polsek Sentani Kota, Bripka Engel Mayor sebagai salah satu perintis “RM Papeda”.

 

Selain itu dihadiri Menteri PAN&RB Drs. Syafruddin, M.Si, juga dihadiri Asrena Kapolri Irjen Gatot Eddy Pranomo, Gubernur Jatim Soekarwo, Deputi Yanlik Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA serta para Gubernur dan Bupati yang memperoleh piagam penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik 2018.

Menteri PAN&RB, Drs. Syafruddin, M.Si mengatakan, bahwa kegiatan penganugerahaan kepada TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2018 ini merupakan rangkaian dari kegiatan omba Inovasi Pelayanan Publik yang diadakan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), untuk mendorong terciptanya terobosan – terobosan dalam meningkatkan pelayanan publik. Sehingga diharapkan inovasi – inovasi yang bersifat lokal dan instansional dapat menjadi inovasi yang potensial untuk diterapkan secara nasional.

 

“Dengan penghargaan ini, kami berharap mampu menjadi pemicu semua instansi penyelenggara pelayanan publik untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si menyambut penghargaan ini dengan kegembiraan dan kebahagiaan, karena inovasi sederhana yang berbasis kepada sinergitas dan kemandirian yang digagas oleh Bhabinkamtibmas Polres Jayapura dan ORARI Lokal Kabupaten Jayapura itu mampu masuk ke dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2018.

 

“Saya merasa sangat bangga dan bahagia karena ini merupakan prestasi yang cukup membanggakan bagi kami di Polres Jayapura dan masyarakat di Kabupaten Jayapura. Ternyata hal kecil yang kami lakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dilihat langsung di tingkat nasional,” ucapnya dalam rilisnya yang dikirim ke wartawan harian ini, Kamis (20/9/2018) malam.

Lanjutnya, salah satu tujuan utama dari Inovasi RM Papeda ini adalah untuk memudahkan masyarakat dalam memberikan informasi, sehingga dapat langsung direspon dengan cepat oleh stakeholder di Kabupaten Jayapura baik  itu Polri, TNI, Dinas Kesehatan, Basarnas, BPBD, PLN maupun dinas-dinas lainnya.

 

“Sehingga dapat menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif yang akhirnya dapat mempercepat pembangunan nasional,” tegasnya.

 

Perlu diketahui bahwa Inovasi RM Papeda ini menjadi Top 99 Inovasi pelayanan publik setelah bersaing dengan 2.824 inovasi yang terdaftar di Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik).

 

Para peserta dari semua instansi dan lembaga pemerintah di seluruh Indonesia, kemudian diseleksi lagi menjadi 1.684, sehingga akhirnya masuk pada jajaran Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2018. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here